[SALAH] Foto “Sop K*nt*l Jaran (alat vital kuda) daerah Rungkut, Pasar Soponyono”

Gambar editan / suntingan. Pada foto asli, tulisan di papan nama warung kuliner itu adalah “SOP JANDA LEPAS”. Selain itu, lokasi Sop Janda Lepas ini bukan di Pasar Soponyono, Rungkut, Kota Surabaya, melainkan di Taman Puri Cendana, Kota Bekasi.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten yang Dimanipulasi
============================================

Akun Imelda Novianti (fb.com/imelda.novianti.1690) mengunggah sebuah foto dengan narasi sebagai berikut:

“Khasiat sop ini apa sih?”

Di gambar yang ia unggah, terdapat foto warung kuliner yang papan namanya tertulis menu dengan huruf besar ‘Sop K*nt*l Jaran’. Papan nama berwarna hijau itu terlihat mencolok dengan nama menu yang tertulis dengan warna merah. Di bawahnya tertulis kata ‘Lunak-Enak-Pedes-Asem-Seger’. Selain itu, terdapat tulisan “Daerah Rungkut, Pasar Soponyono”

Sumber : https://archive.md/GJ5zD (Arsip)
============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim adanya warung kuliner Sop K*nt*l Jaran (alat vital kuda) di daerah Rungkut, Pasar Soponyono adalah klaim yang salah.

Faktanya, gambar tersebut adalah gambar hasil editan atau suntingan. Pada foto asli, tulisan di papan nama warung kuliner itu adalah “SOP JANDA LEPAS”. Selain itu, lokasi Sop Janda Lepas ini bukan di Pasar Soponyono, Rungkut, Kota Surabaya, melainkan di Taman Puri Cendana, Kota Bekasi.

Berdasarkan hasil penelusuran gambar, foto asli warung kuliner Sop Janda Lepas ini salah satunya pernah dimuat di situs Tribun Sumsel pada 4 Mei 2017 di artikel berjudul “Nama- Nama Warung Kuliner ini Buat Orang Senyum-senyum Sendiri, Nomor 4 Bisa Bikin Putus Sama Pacar”

Dan dari hasil penelusuran terhadap nama Sop Janda Lepas, ditemukan akun Facebook SOP JANDA LEPAS yang mencantumkan “Jl. Raya Perumahan Taman Puri Cendana, Tridaya Sakti, Tambun Sel. Kota Bekasi, Jawa Barat 17510” pada keterangan lokasinya. Alamat ini memang cocok dengan lokasi Sop Janda Lepas ketika dicari dengan menggunakan aplikasi Google Maps.

Foto warung kuliner yang identik juga ditemukan di akun Facebook SOP JANDA LEPAS dan di hasil penelusuran Google Maps.

REFERENSI
https://sumsel.tribunnews.com/2017/05/04/nam-nama-warung-kuliner-ini-buat-orang-senyum-senyum-sendiri-nomor-4-bisa-bikin-putus-sama-pacar?page=2
https://www.facebook.com/SOPJANDALEPAS.TPC/
https://bit.ly/37DBkYA (Hasil pencarian Google Maps)

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo