[SALAH] Daftar Kartu Prakerja, PT Shell Indonesia Beri Bantuan Senilai Rp600.000

Hasil periksa fakta Gabriela Nauli Sinaga (Universitas Sumatera Utara)

Hal tersebut tidak benar. Faktanya, PT Shell Indonesia tidak pernah bermitra pada program Kartu Prakerja.

===

[KATEGORI]:
FABRICATED CONTENT

===

[SUMBER]:
WHATSAPP

[NARASI]:
Rencana pengalaman pengisian bahan bakar

Kami mengundang Anda untuk merasakan pengalaman terbaik dari bahan bakar kelas dunia kami di SPBU Shell terdekat.

Selama program ini, Anda bisa mendapatkan kualifikasi pengalaman kartu gas 600.000 rupiah

Langkah untuk mendaftar Prakerja

:point_right:Kunjungi situs web di bawah ini

:point_right:Isi formulir data diri

:point_right:Anda akan mendapatkan pemberitahuan melalui email/nomor hp

:point_right:Bantuan akan dikirim melalui rekening bank

harap bagikan pesan ini kepada kerabat yang membutuhkan

https://hxhb.vip/j/

===

[PENJELASAN]:

Beredar narasi lewat aplikasi Whatsapp yang menyatakan bahwa akan diberikan kartu bahan bakar gas senilai 600.000 rupiah di SPBU Shell terdekat jika masyarakat mendaftar kartu Prakerja melalui link yang disediakan di akhir narasi.

Dilansir dari media liputan6.com, pihak humas PT Shell Indonesia menyatakan bahwa narasi tersebut adalah hoaks. Pihak PT Shell Indonesia juga menyatakan bahwa tidak memiliki program pemberian kartu bahan bakar yang dikaitkan dengan program tersebut. Untuk itu, PT Shell Indonesia menghimbau masyarakat mewaspadai penipuan bermodus penawaran untuk pendaftaran Program Prakerja dengan janji/iming-iming pemberian kartu bahan bakar Shell bernominal tertentu.

Kartu Prakerja sendiri berfokus pada pemberian insentif dan pelatihan terhadap masyarakat yang belum bekerja atau kepada yang sudah bekerja namun ingin meningkatkan kemampuan yang dimilikinya. 8 mitra yang telah resmi bekerjasama dalam program Kartu Prakerja ini adalah Tokopedia, Ruangguru, Mau Belajar Apa, Bukalapak, Pintaria, Pijar Mahir, Sekolahmu, serta Sistem Informasi Ketenaga Kerjaan (Sisnaker) Kementerian Tenaga Kerja. Jadi dapat dipastikan bahwa tidak ada perusahaan bahan bakar seperti PT Shell Indonesia yang menjadi mitra dari Kartu Prakerja.

Dari hasil penelusuran yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa pemberian bantuan senilai 600.000 oleh PT Shell Indonesia melalui pendaftaran Kartu Prakerja adalah hoaks kategori fabricated content.

===

[REFERENSI]:

https://m.liputan6.com/amp/4389300/cek-fakta-hoaks-program-prakerja-dengan-iming-iming-kartu-bahan-bakar-shell-indonesia#aoh=16034441693138&referrer=https://www.google.com

https://www.google.com/amp/s/bisnis.tempo.co/amp/1332731/kartu-prakerja-ini-8-mitra-dan-pelatihan-yang-ditawarkan

https://www.google.com/amp/s/m.kumparan.com/amp/kumparanbisnis/sederet-fasilitas-yang-didapat-dari-kartu-pra-kerja-uang-saku-dan-pelatihan-1srvHzPCxvs