[SALAH] Video “Sistem pertahanan udara Armenia menghadapi Mi-25 Azerbaijan, wilayah udara mereka di penuhi kembang api 09 Oktober 2020”

Video simulasi komputer dari video game bernama ARMA 3. Video simulasi ini sudah diunggah ke Youtube pada tanggal 22 Agutus 2020.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Koneksi yang Salah
============================================

Akun AKHIR ZAMAN (fb.com/NartoSiahaann) mengunggah sebuah video dengan narasi sebagai berikut:

“PERANG ANTARA AZERBAIJAN DAN ARMENIA
Lihatlah Sistem pertahanan udara Armenia menghadapi Mi-25 Azerbaijan Begitu hebatnya dan betapa canggih nya peralatan tempur mereka wilayah udara mereka di penuhi kembang api 09 Oktober 2020″

Sumber : https://perma.cc/78BP-FJL3 (Arsip)
============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim adanya video yang memperlihatkan kecanggihan sistem pertahanan udara Armenia menghadapi Mi25 Azerbaijan sehingga wilayah udara mereka dipenuhi kembang api pada 9 Oktober 2020 adalah klaim yang keliru.

Faktanya, video itu adalah video simulasi komputer dari video game bernama ARMA 3. Video simulasi ini sudah diunggah ke Youtube pada tanggal 22 Agutus 2020.

Video itu diunggah ke kanal Youtube れいさいおんじ dengan judul “A-10 サンダーボルト Warthog Thunderbolt CRAM シウス”. Diterjemahkan dari bahasa Jepang ke bahasa Indonesia, keterangan video itu berbunyi: “A-10 Thunderbolt Warthog Thunderbolt CRAM CIWS (Sistem senjata jarak dekat) ARMA 3 ARMA 3”.

ARMA3 adalah video game bertema perang yang dirilis oleh Bohemia Interactive, pengembang game yang berbasis di Ceko, pada tahun 2013.

REFERENSI
https://periksafakta.afp.com/video-ini-sebenarnya-menunjukkan-simulasi-komputer-dari-video-game
https://www.youtube.com/watch?v=97NVvWgRNCA
https://community.bistudio.com/wiki/Arma_3

About Adi 1378 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo