[SALAH] Jokowi Meninggal Akibat Tersambar Petir Saat Kabur ketika Demo

Hasil Periksa Fakta Natalia Kristian (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Indonesia).

Klaim tersebut tidak benar. Foto tersebut adalah salah satu korban meninggal di Jepara akibat tersambar petir pada tahun 2019.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Salah/False Context

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.vn/anZt6

= = = = =

NARASI:

“INNALILLAHI WA INNA ILAIHI ROOji’uun
presiden joko widodo disambar petir disaat kabur waktu didemo.
alhamdulillah, rakyat indonesia akan hidup bahagia dan damai selamanya.
_”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar postingan dari akun Facebook Ravi Hamdi berupa sebuah foto dan narasi berisikan klaim bahwa Jokowi meninggal akibat tersambar petir saat kabur ketika demo. Postingan ini disukai sebanyak 5 kali dan dikomentari sebanyak 2 kali.

Berdasarkan penelusuran terhadap foto tersebut mengarah ke sebuah artikel berita dari metrojateng.com yang berjudul “Tiga Orang Di Jepara Tewas Tersambar Petir” yang dipublikasikan pada 16 Januari 2019. Pada artikel tersebut menjelaskan bahwa ada 6 petani dan penambang pasir di Desa Bandungharjo, Jepara tersambar petir dan 3 di antaranya meninggal dunia dan sudah dibawa ke rumah duka, sedangkan korban luka dibawa ke RS Rehatta Kecamatan Kelet untuk mendapatkan perawatanan. Arwin Noor Isdiyanto sebagai Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara menghimbau warga untuk waspada akan musim hujan ketika berada di lokasi yang rawan bencana seperi di jalan atau bekeja di tempat terbuka.

Melihat dari penjelasan tersebut, klaim Jokowi meninggal akibat tersambar petir saat kabur ketika demo adalah tidak benar dan termasuk dalam Konten yang Salah/False Context.

= = = = =

REFERENSI:

https://metrojateng.com/tiga-orang-di-jepara-tewas-tersambar-petir/
https://tajukmuria.com/6-orang-di-jepara-disambar-petir-3-di-antaranya-langsung-tewas/