[SALAH] Foto Para Perempuan Berteriak Memprotes Trump Melalui Vagina

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Narasi yang salah. Faktanya, foto tersebut merupakan foto kolaborasi antara Nicola Canava dan fotografer Dawn Felicia Knox sebagai bagian projek yang bernama “Raising the Skirt” tahun 2014 sebelum Donald Trump terpilih menjadi presiden AS di tahun 2016.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konten yang Salah/False Context

====

Sumber: Facebook
https://archive.vn/w2GbE

====
Narasi:

Narasi unggahan:

“DAP… 😂😂😂😂”

Narasi dalam foto:

“This is not a joke. They gathered to scream at Trump through their vaginas.

These are the people who want to control the government and teach your kids.”

====

Penjelasan:

Akun Facebook Orlando Hill mengunggah foto disertai dengan narasi bahwa beberapa perempuan sedang berteriak memprotes Trump melalui vagina mereka. Foto yang diunggah pada 21 September 2020 itu mendapat respon sebanyak 581 reaksi, 39 komentar, dan telah disebarkan sebanyak 11rb kali.

Berdasarkan hasil penelusuran, narasi tersebut salah. Foto unggahan itu merupakan foto kolaborasi antara Nicola Canava dan fotografer Dawn Felicia Knox sebagai bagian projek yang bernama “Raising the Skirt”. Foto tersebut kemudian ditampilkan di sebuah workshop di Newcastle, Britania Raya pada 28 sampai 30 Agustus 2014.

Mengutip dari situs Raising the Skirt, Nicole Hunter (sebelumnya Canavan) menciptakan ‘Raising the Skirt’ dengan tujuan agar semua wanita berjuang untuk tujuan yang sama.

“Raising the Skirt ‘lebih dari sekedar gambar, ini adalah proyek yang menimbulkan pertanyaan, ini adalah alat sumber daya dan komunitas, yang bertujuan untuk mewakili wanita dari semua komunitas dan asal, wanita yang kuat dan penuh semangat yang semuanya berjuang untuk tujuan yang sama. Saya ingin Tentara Anasyrma saya tumbuh dan agar kita semua memiliki kedamaian di dalam tubuh kita kecuali api di hati kita,” ujarnya.

Adapun Donald Trump terpilih menjadi presiden Amerika Serikat ke-45 setelah memenangkan pemilihan umum yang diselenggarakan pada 8 November 2016. Ia mengalahkan calon dari Partai Demokrat, Hillary Clinton dan dilantik sebagai presiden AS pada 20 Januari 2017.

Dengan demikian, unggahan akun Facebook Orlando Hill dikategorikan sebagai Konten yang Salah/False Context karena foto tersebut merupakan foto kolaborasi antara Nicola Canava dan fotografer Dawn Felicia Knox sebagai bagian projek yang bernama “Raising the Skirt” tahun 2014 sebelum Donald Trump terpilih menjadi presiden AS di tahun 2016.

====

Referensi:

https://www.thisisliveart.co.uk/opportunities/diy-11-2014-nicola-canavan-raising-the-skirt/

https://www.thisisliveart.co.uk/opportunities/diy-11-documentation/

https://factcheck.afp.com/no-photo-does-not-show-women-who-gathered-scream-trump-through-their-vaginas

https://www.snopes.com/fact-check/photo-women-screaming-vaginas-protest-president/

https://id.wikipedia.org/wiki/Pemilihan_umum_Presiden_Amerika_Serikat_2016#:~:text=Pemilihan%20umum%20presiden%20Amerika%20Serikat%2C%20Selasa%2C%208%20November%202016%2C,pada%20tanggal%2020%20Januari%202017%20.

http://archive.vn/QH22L#selection-241.0-243.658