[SALAH] “Presiden Kita Memang is the Best : Diabadikan Sebagai Salah Satu Nama Jalan Di Arab Saudi”

Bukan di Arab Saudi. President Joko Widodo Street tersebut berada di Kota Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Jalan itu diresmikan pada Senin (19/10/2020) oleh oleh Sheikh Khalid bin Mohammed bin Zayed Al Nahyan, anggota sekaligus Chairman Abu Dhabi Executive Office.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten yang Salah
============================================

Akun Agus Veer Lee Nizam (fb.com/agus.v.nizam.5) mengunggah foto yang memperlihatkan papan nama jalan President Joko Widodo dengan narasi sebagai berikut:

“WOWWWW PRESIDEN KITA MEMANG IS THE BEST :
DIABADIKAN SEBAGAI SALAH SATU NAMA JALAN DI ARAB SAUDI. JGN KASIH TAHU BANG TOYIB HRS YA….”

Sumber : https://archive.md/qrCnM (Arsip)
============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim bahwa nama Presiden Joko Widodo diresmikan sebagai salah satu nama jalan di Arab Saudi adalah klaim yang salah.

Faktanya, bukan di Arab Saudi. President Joko Widodo Street tersebut berada di Kota Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Jalan itu diresmikan pada Senin (19/10/2020) oleh oleh Sheikh Khalid bin Mohammed bin Zayed Al Nahyan, anggota sekaligus Chairman Abu Dhabi Executive Office.

Foto peresmian jalan ini, diunggah oleh akun Facebook resmi milik Presiden Joko WIdodo pada Selasa, 20 Oktober 2020 dengan narasi sebagai berikut:

“Seruas jalan di Kota Abu Dhabi, Uni Emirat Arab kemarin diresmikan sebagai Presiden Joko Widodo Street oleh Sheikh Khalid bin Mohammed bin Zayed Al Nahyan, Chairman Abu Dhabi Executive Office. Jalan yang membelah kawasan Abu Dhabi National Exhibition Center dengan Embassy Area yang ditempati sejumlah Kantor Perwakilan Diplomatik itu menggunakan nama saya.

Ini tentu sebentuk penghargaan dan kehormatan. Bukan untuk saya pribadi semata-mata, tetapi untuk Indonesia. Sebuah gambaran betapa eratnya hubungan di antara dua negara yang kini bekerja sama dalam berbagai bidang.

Di balik penamaan jalan itu, tersimpan harapan semoga hubungan kedua negara semakin kokoh, saling menguatkan, dan bermanfaat bagi rakyat Uni Emirat Arab dan Indonesia.

Terima kasih.”

Dikutip dari Kumparan, Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI Abu Dhabi, Nur Ibrahim mengatakan, kegiatan peresmian nama jalan itu turut dihadiri oleh Duta Besar RI untuk Uni Emirat Arab (UEA). Turut hadir pula sejumlah pejabat Kementerian Luar Negeri UEA dan Abu Dhabi Municipality. Nur mengatakan, penamaan Jalan Presiden Jokowi ini merefleksikan hubungan erat antar pemerintah Indonesia dengan UEA.

“Penamaan jalan Presiden Joko Widodo merefleksikan hubungan erat RI–UEA, sekaligus bentuk penghormatan (tribute) Pemerintah UEA kepada Presiden RI saat ini Joko Widodo dalam memajukan hubungan bilateral RI –UEA selama menjabat sebagai kepala negara,” kata Nur dalam keterangan tertulis, Selasa (20/10).

Menurut dia, Jalan Presiden Jokowi terletak di salah satu ruas jalan utama yang membelah ADNEC (Abu Dhabi National Exhibition Center) dengan Embassy Area. Kawasan ini biasa di tempati sejumlah kantor perwakilan diplomatik.

Perubahan nama jalan di Abu Dhabi dengan nama pemimpin negara sahabat sebelumnya juga pernah dilakukan Pemerintah UEA pada tanggal 23 September 2019 lalu. Saat itu mereka meresmikan Jalan King Salman bin Abdulaziz Al Saud di salah satu ruas jalan di Abu Dhabi sebagai bentuk penghormatan atas kontribusi Raja Salman kepada dunia Islam dan untuk memperkuat hubungan bilateral UEA dan Arab Saudi.

REFERENSI
https://www.facebook.com/Jokowi/photos/a.404578553064333/1641827256006117/?type=3&theater
https://kumparan.com/kumparannews/pemerintah-uea-resmikan-nama-jalan-presiden-jokowi-di-abu-dhabi-1uQQ1Cq3LEz/full
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/VNnlWDOk-nama-jokowi-diabadikan-jadi-nama-jalan-di-arab-saudi-ini-faktanya

About Adi Syafitrah 971 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo