[SALAH] Pesan Paman Birin Coblos Nomor 2

Hasil Periksa Fakta Muhammad Padhliansyah (Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin)

Faktanya, foto yang beredar tidak benar dan dimanipulasi. Paman Birin (sapaan Sahbirin Noor) merupakan Calon Gubernur yang ikut serta dalam Pilkada Kalsel 2020 dan merupakan lawan dari pasangan Denny Indrayana dan Difriadi Darjat.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konten yang Dimanipulasi

====

Sumber: Postingan Facebook
archive.vn/FyznU

====

Narasi: “INGATI LAH jer
PESAN PAMAN,,
CUCUK NOMOR 2✌️,,❗️❗️
TERBUKTI PINTAR NYA,, 👍👍
Jer paman kita
SEMOGA BAROQAH,, 🤲AMIN ❗️❗️”

Dalam bahasa Indonesia: “Ingat pesan paman, coblos nomor 2, terbukti pintarnya, kata paman kita, semoga barokah.”

===

Penjelasan:

Akun Shaddam AL MalleQy mengunggah sebuah foto dukungan dari Paman Birin kepada pasangan calon nomor 2, Denny-Difri di grup Facebook FORUM PILGUB KALSEL 2020 pada Senin (12/10/2020).

Setelah ditelusuri, foto tersebut disunting dan tidak benar Paman Birin berpesan mencoblos pasangan calon nomor 2. Foto tersebut merupakan hasil suntingan dari foto asli yang dibuat oleh Relawan Tim Sukses pasangan calon nomor 1 yaitu, Sahbirin Noor-Muhidin.

Di Kalimantan Selatan, melalui rapat pleno tertutup, KPUD Provinsi Kalimantan Selatan resmi menetapkan dua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Pilkada Kalsel 2020, Rabu (23/9/2020) siang yaitu H. Sahbirin Noor, S.Sos., M.H. – H.Muhidin, M.Si. dan Prof. H. Denny Indrayana, S.H., LL.M., Ph.D. – Drs. H. Difriadi Darjat.

Dengan demikian foto yang beredar dengan konteks pesan Paman Birin untuk mencoblos nomor urut 2 adalah tidak benar dan dimanipulasi. ===

Referensi:

https://www.facebook.com/100055813865452/posts/116570766880052/?app=fbl

https://banjarmasin.tribunnews.com/amp/2020/09/23/h-sahbirin-h-muhidin-dan-h-denny-h-difriadi-resmi-bertarung-di-pilkada-kalsel