[SALAH] Video “pendaratan pesawat rombongan imam besar”

Video animasi. Video itu merupakan video yang dibuat dengan video game simulasi penerbangan Microsoft Flight Simulator X dan sudah beredar sejak tahun 2017.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten yang Dimanipulasi
============================================

Akun Satrya Ulus (fb.com/aliusman131) mengunggah sebuah video yang memperlihatkan sebuah pesawat bertuliskan FPI pada bagian ekor pesawat dengan narasi sebagai berikut:

“BERAKING NEWS…. IMAM BESAR AKAN SEGERA PULANG KATA Dwisithi Satiti…. apakah ini benar ini pendaratan pesawat rombongan imam besar… Sekedar tanya…”

Sumber : https://archive.md/0rh4v (Arsip)
============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim adanya video pendaratan pesawat rombongan imam besar bertuliskan FPI pada bagian ekor pesawat adalah klaim yang salah.

Faktanya, video itu adalah video animasi. Video itu merupakan video yang dibuat dengan video game simulasi penerbangan Microsoft Flight Simulator X dan sudah beredar sejak tahun 2017.

Pada 26 Desember 2017, kanal Youtube AMF Channel mengunggah video yang sama dengan judul “Pesawat Pribadi Habib Rizieq & Jet Tempur Laskar FPI | FSX Indonesia”

Microsoft Flight Simulator X (disingkat FSX) adalah video game simulasi penerbangan tahun 2006 yang awalnya dikembangkan oleh Aces Game Studio dan diterbitkan oleh Microsoft Game Studios untuk Microsoft Windows. Ini adalah sekuel dari Microsoft Flight Simulator 2004 dan angsuran kesepuluh dari seri Microsoft Flight Simulator, yang pertama kali dirilis pada tahun 1982.

Flight Simulator X menandai versi kesepuluh dari jajaran simulator penerbangan yang populer. Secara resmi dirilis ke pasar AS pada 17 Oktober 2006. Menurut situs Web Microsoft untuk game tersebut, edisi standar menampilkan segala sesuatu mulai dari navaids hingga GPS dan saluran udara.

Ini juga mencakup 18 pesawat, 28 kota terperinci, dan lebih dari 24.000 bandara dengan versi deluxe yang menampilkan 24 pesawat, dan 38 kota. Pemain dapat menerbangkan apa saja mulai dari glider kecil atau pesawat eksperimental ringan hingga jet jumbo.

REFERENSI
https://www.youtube.com/watch?v=T-agzCtgWuc (Arsip : https://archive.md/M7zfC)
https://en.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Flight_Simulator_X
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/Wb7xGgWk-video-penampakan-pesawat-rizieq-shihab-tiba-di-indonesia-ini-faktanya

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo