[SALAH] Surat Informasi Alokasi Bantuan Dana Desa oleh BAPPENAS

Hasil periksa fakta Rahmah an Nisaa (Uin Sunan Ampel Surabaya).

Informasi tersebut salah. Kepala BAPPEDA SULTRA, Johanes Robert saat dikonfirmasi, menyatakan informasi itu tidak benar, dan telah terjadi 4-5 tahun yang lalu.

======

[KATEGORI]: Fabricated Content/Konten Palsu

=====

[SUMBER]: TANGKAPAN LAYAR KERTAS SURAT

======

[NARASI]:

“Kades Waukuni di Mubar Nyaris Tertipu Oknum yang Mengatasnamakan Bappenas RI”

=====

[PENJELASAN]

Beredar sebuah informasi di media online mengatasnamakan Kementrian Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI.

Surat palsu berkedok penipuan yang mengatasnamakan Bappenas RI, perihal Desa Waukuni Kecamatan Sawerigadi Kabupaten Muna Barat (Mubar) sebagai desa terpilih penerima bantuan alokasi dana desa sebesar Rp 960 juta.

Berdasarkan hasil penelusuran diketahui surat palsu mengatasnamakan Bappenas (RI) menetapkan Desa Wakuin berhak mendapatkan bantuan ADD adalah salah. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) mengklarifikasi bahwa informasi tersebut hoaks.

“Kasus seperti ini jelas penipuan. Karenanya agar para kades tidak tertipu, saya minta untuk tidak percaya jika menerima surat serupa. Modus seperti ini pernah terjadi beberapa tahun lalu. Ada oknum kades yang tertipu dan mentrasnfer uang untuk baiaya administrasi sebelum ADD atau DD ditransfer. Padahal itu penipuan. Apalagi kop surat mengatasnamakan Kementrian Bappenas RI yang tidak mengurus dana desa ” ujarnya pada pihak Kendari Pos Rabu 28 September 2020.

Robert meminta kepala desa melaporkan kepada pihak berwajib jika menerima surat mengatasnamakan Bappenas atau Bappeda dan meminta sejumlah dana.

Robert meminta kepala desa melaporkan kepada pihak berwajib jika menerima surat mengatasnamakan Bappenas atau Bappeda dan meminta sejumlah dana.

Dengan demikian, informasi terkait surat palsu mengatasnamakan Bappenas RI perihal Desa Waukuni Kecamatan Sawerigadi Kabupaten Muna Barat (Mubar) sebagai desa terpilih penerima ADD adalah salah dan termasuk dalam konten palsu.

===========

[REFERENSI]:
https://kendaripos.co.id/2020/09/bappeda-sultra-imbau-kades-waspada-penipuan/
https://mubar.mediakendari.com/kades-waukuni-di-mubar-nyaris-tertipu-oknum-yang-mengatasnamakan-bappenas-ri/85955/