[SALAH] “polisi medan lempar batu dari atas kantor DPRD SUMATERA UTARA”

Hasil Periksa Fakta Muhammad Padhliansyah (Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin)

Faktanya, menurut keterangan Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Tatan Dirsan, oknum pelempar batu merupakan satpam di Kantor DPRD Medan, Sumatera Utara. Keduanya sudah ditahan dan ditetapkan sebagai tersangka.Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Misleading Content / Konten yang Menyesatkan

====

Sumber:

Twitter
archive.vn/ulX5s

====

Narasi:

“polisi medan lempar batu dari atas kantor DPRD SUMATERA UTARA. VIRALKAN !!! #MahasiswaBergerak

===

Penjelasan:

Beredar sebuah video yang menunjukkan seseorang melempar batu dari atas kantor DPRD Medan pada saat pelaksanaan unjuk rasa penolakan Omnibus Law, Kamis (8/10/20). Dalam video tersebut, pengunggah (@.xxsolsy) menyatakan bahwa orang yang melempar batu merupakan polisi. Video unggahan tersebut mendapatkan atensi sebanyak 5300 cuit ulang dan 9300 suka.

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim yang dinyatakan oleh pengunggah salah. Menurut keterangan Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Tatan Dirsan, pelaku yang melakukan pelemparan batu di atas Kantor DPRD Medan bukan polisi, melainkan pihak satuan pengamanan (satpam) DPRD Medan sebanyak dua orang.

Menurut Kasat Reskrim Polrestabes Medan, Martuasah Tobing, menyebutkan bahwa kedua satpam tersebut terkena lemparan batu saat massa mulai anarkis. Kedua pelaku pun kesal dan mencoba menaiki kantor DPRD Medan untuk melakukan aksi balasan dengan melempar batu ke massa.

Dengan demikian, video yang beredar yang menyatakan polisi melempar batu di atas kantor DPRD Medan merupakan klaim yang salah dan menyesatkan. Faktanya, menurut keterangan Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Tatan Dirsan, oknum pelempar batu merupakan satpam di Kantor DPRD Medan. Keduanya sudah ditahan dan ditetapkan sebagai tersangka. Hoaks ini masuk ke kategori konten yang menyesatkan.

===

Referensi:

https://sumut.antaranews.com/…/polisi-ungkap-identitas…

https://www.tribunnews.com/…/terungkap-motif-2-satpam…

https://news.detik.com/…/lempar-batu-dari-dprd-medan…