[SALAH] “Heran ya, pada demo seramai ini tapi semua stasiun TV ga ada yang meliput”

Klaim tidak sesuai fakta. Berdasar pada penelusuran di sejumlah akun Youtube milik beberapa stasiun TV, diketahui bahwa klaim tersebut tidak berdasar. Beberapa stasiun TV diketahui turut serta menyiarkan aksi demo menolak disahkannya Omnibus Law Cipta Kerja di sejumlah wilayah di Indonesia.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI: MISLEADING CONTENT/KONTEN MENYESATKAN

===

SUMBER: TikTok

===

NARASI:

“Heran ya, pada demo seramai ini tapi semua stasiun TV ga ada yang meliput”

===

PENJELASAN: Akun TikTok @namakuhermi mengunggah sebuah video yang berisikan situasi demo menolak disahkannya Omnibus Law Cipta Kerja di sejumlah wilayah di Indonesia. Dalam video tersebut akun @namakuhermi turut serta menambahkan narasi “Heran ya, pada demo seramai ini tapi semua stasiun TV ga ada yang meliput”.

Coba melakukan penelurusan pada beberapa akun Youtube milik sejumlah stasiun TV seperti halnya Kompas TV, Metro TV, CNN Indonesia dan tvOne, diketahui bahwa klaim akun @namakuhermi tidak berdasar. Pada 12 Oktober 2020, Kompas TV menjadi salah satu stasiun TV yang menyiarkan situasi demo menolak disahkannya Omnibus Law Cipta Kerja pada pemberitaan berjudul “BREAKING NEWS – Situasi Terkini Demo Tolak UU Cipta Kerja, Massa Mulai Ricuh”.

Stasiun TV lain yang juga turut menyiarkan aksi demo menolak disahkannya Omnibus Law Cipta Kerja di antaranya adalah tvOne, CNN Indonesia, Metro TV, dan lain sebagainya. Berdasar pada seluruh referensi, klaim akun TikTok @namakuhermi tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

===

REFERENSI:

https://archive.fo/EBwAx