[SALAH] “Hanya di Iran Nonton Perang Antar Negara (Armenia) vs (Azerbaijan) Layak nya Nonton Kembang Api di Malam Tahun Baru?”

Hasil Periksa Fakta Konaah (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta).

Informasi tersebut tidak benar, bukan di Iran. Faktanya, video serupa ditemukan pada channel Youtube БОГ РАТА yang berjudul “Један уобичајени викенд у Русији” (“Suatu akhir pekan yang umum di Rusia”) diunggah pada 17 November 2019. Diketahui bahwa video tersebut diabadikan pada kesempatan Hari Tentara dan Artileri Rudal (RViA), kru dari sejumlah besar sistem artileri dan rudal menunjukkan kemampuan tempur mereka kepada warga.

= = =                         

Kategori: Konten yang Salah

= = =

Sumber: Facebook

https://archive.vn/luIO6

= = =

Narasi:

“Hanya di iran nonton perang antar negara (armenia) vs (azerbaijan) layak nya nonton kembang api di malam tahun baru?”

= = =

Penjelasan:

Akun Facebook Bee IV mengunggah sebuah video dengan durasi 1:00 pada 14 Oktober 2020. Video tersebut memperlihatkan kerumunan orang-orang yang sedang menyaksikan efek sistem rudal taktis dan pada unggahan tersebut juga disertai keterangan “Hanya di iran nonton perang antar negara (armenia) vs (azerbaijan) layak nya nonton kembang api di malam tahun baru?”. Unggahan tersebut ramai mendapat tanggapan dan telah dibagikan sebanyak 67 kali oleh pengguna Facebook lainnya.

Berdasarkan hasil penelusuran, video serupa ditemukan pada channel Youtube БОГ РАТА yang berjudul “Један уобичајени викенд у Русији” (“Suatu akhir pekan yang umum di Rusia”) diunggah pada 17 November 2019. Diketahui bahwa video tersebut diabadikan pada kesempatan Hari Tentara dan Artileri Rudal (RViA), kru dari sejumlah besar sistem artileri dan rudal menunjukkan kemampuan tempur mereka kepada warga. 

Orang bisa melihat efek dari sistem rudal taktis “Point-U”, lalu howitzer self-propelled “Msta-B”, “Gvozdika” dan “Acacia”. Sebuah suguhan khusus diproduksi oleh peluncur roket multi-barel “Grad” dan “Hurricane”, yang salvonya memerah langit di atas jangkauan militer “Lushki”. Selain tembak menembak, para tamu diperlihatkan dan digunakan senjata, yang diperlihatkan dalam eksposisi statis. 

Lebih dari 100 unit senjata dan peralatan tempur modern, yang merupakan bagian dari Distrik Militer Barat, dihadirkan. Senjata terkenal dari masa Perang Dunia Kedua juga ditampilkan. Ulasan ini diwujudkan oleh klub patriotik militer khusus yang beroperasi di wilayah Rusia. Seluruh acara, yang diselenggarakan di barisan militer “Lushki”, dan dikunjungi oleh ribuan orang dari daerah Leningrad, Pskov dan Novogorsk.

Dengan demikian video yang diunggah oleh Bee IV dengan klaim “Hanya di iran nonton perang antar negara (armenia) vs (azerbaijan) layak nya nonton kembang api di malam tahun baru?” adalah tidak benar dan termasuk dalam kategori konten yang salah.

= = =

Referensi:

https://rs.rbth.com/zivot/87856-rusija-narod-omladina-manifestacija

https://www.vostok.rs/index.php?option=btg_novosti&catnovosti=7&idnovost=122755&Ruska-vojska-priredila-spektakl-za-posetioce-povodom-Dana-raketne-vojske-i-artiljerije