[SALAH] “Pidato Sang Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, serukan JIHAD dan Revolusi terhadap Rezim Busuk!”

Bukan pidato Gubernur Edy Rahmayadi. Kalimat di klaim tersebut berasal dari Ustaz Heriansyah dari GNPF Ulama Sumut yang disampaikan pada bulan Mei 2019.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten yang Menyesatkan
============================================

Akun Iskandariah Harahapll (fb.com/iskandariah.harahapll) mengunggah foto Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dengan narasi sebagai berikut:

“MERINDING!! GUBERNUR SUMUT SERUKAN JIHAD DAN REVOLUSI!! TEGASKAN BAHWA REZIM INI ADALAH REZIM BUSUK!
Gubernur Sumut, Letnan Jenderal Purnawirawan TNI H. Edy Rahmayadi, serukan JIHAD dan Revolusi terhadap Rezim Busuk!
Pidato Sang Gubernur yang dekat dengan ulama ini begitu membakar masa.
===============================
“Kita tidak bisa dikalahkan dengan senjata-senjata yang dihadapkan kepada kita. Maka saya ingin menyampaikan kepada Bapa-Bapa TNI, kepada Bapa-Bapa Polisi, BERPIHAKLAH kepada rakyat. Karena siapapun yang jadi Presiden kalian tetap polisi. Kalian tetap tentara.”
“TNI, TNI kalian telah membuat pilihan yang benar.”
“Tapi Kepada polisi, kepada polisi, Anda saudara kami, Anda keluarga kami, Anda mungkin juga tetangga kami, Anda mungkin bahkan jamaah pengajian saya, TAPI REZIM ini, TELAH MEMBUAT ANDA DIBENCI OLEH RAKYAT. Rezim ini yang SALAH. Rezim ini yang keliru bukan Anda. Tapi karena KEBUSUKAN REZIM INI maka Anda DIBENCI OLEH RAKYAT. Warna pakaian Anda bahkan menjadi warna yang dibenci oleh semua orang. Maka berpihaklah pada rakyat”

Selengkapnya di https://archive.md/SckDX (Arsip)
============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim adanya pidato dari Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi yang menyerukan jihad dan revolusi terhadap rezim busuk adalah klaim yang salah.

Faktanya, bukan pidato Gubernur Edy Rahmayadi. Kalimat di klaim tersebut berasal dari Ustaz Heriansyah dari GNPF Ulama Sumut yang disampaikan pada bulan Mei 2019.

Dikutip dari artikel berjudul “[SALAH] Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, serukan JIHAD dan Revolusi terhadap Rezim Busuk”, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara pun telah memberikan bantahan secara resmi terkait video yang menyebut Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menyerukan jihad dan revolusi.

“Pemprov Sumut memastikan suara pria dalam video tersebut bukan suara Gubernur Edy Rahmayadi. Seruan jihad dan revolusi yang mengatasnamakan Gubernur Edy Rahmayadi itu adalah hoaks,” kata Kepala Bagian Humas Pemprov Sumut Muhammad Ikhsan kepada Tempo pada Jumat, 27 September 2019.

Ikhsan menuturkan video itu adalah video lama yang diambil pada Mei 2019 usai pemilihan presiden. “Sekitar Mei 2019 dan sudah pernah dibantah oleh Pak Edy Rahmayadi. Kenapa bisa muncul lagi? Pemprov Sumut mohon video itu tidak dipercaya dan mohon bantahan ini disebarluaskan,” ujar Ikhsan. Menurut Ikhsan, suara pria dalam video itu sudah pernah diklarifikasi. Suara itu merupakan suara Ustaz Heriansyah dari GNPF Ulama.

Bantahan ini disampaikan juga melalui akun media sosial Humas Sumatera Utara.

“Dihimbau agar seluruh masyarakat lebih berhati hati dalam menerima dan menyebarkan berita dan informasi yang tidak benar atau hoax, Gubernur Edy Rahmayadi tidak pernah mengeluarkan pernyataan jihad dan revolusi seperti akun di bawah ini.
mari lebih bijak dalam menggunakan dan menyebarluaskan informasi” tulis akun Humas Sumut pada 29 September 2020.

REFERENSI
https://turnbackhoax.id/2019/09/28/salah-gubernur-sumut-edy-rahmayadi-serukan-jihad-dan-revolusi-terhadap-rezim-busuk/
https://www.facebook.com/birohumasdankeprotokolan/posts/3080439168695928
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/4KZzeXWK-gubernur-edy-serukan-jihad-dan-revolusi-terhadap-rezim-busuk-ini-faktanya

About Adi 1395 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo