[SALAH] Layanan Gratis Rumah Sakit Citarum

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah Oktari Jasmien (Institut Agama Islam Negeri Surakarta).

Pesan Whatsapp tentang program RS Panti Wilasa Citarum adalah hoax, hal ini sudah dinyatakan dalam postingan instagram @pantiwilasa_citarum_official pada Sabtu, 10 Oktober 2020.

Selengkapnya pada penjelasan!

= = = = =

KATEGORI: Konten Palsu

= = = = =

SUMBER: Whatsapp

= = = = =

NARASI:โ€œ malam rekan2 smuadi informasikan bagi rekan2 yg mempunyai saudara,tetangga maupun rekan.yg sekiranya sakit dan tidak mempunyai BPJS maupun punya BPJS yang tdk aktif atau biaya yg di luar BPJS. Rumah sakit citarum mempunyai program pengobatan gratis. yg membutuhkan program pengobatan gratis. yg membutuhkan program tsbt bisa hub. mas sapto di nomer telpn.081226190938.nnti beliau akan menyurvai lokasi u calon pasien. atas perhatian trims… salam kemanusiaan… PSG”

——

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar melalui broadcast WhatsApp tentang Rumah Sakit Citarum yang membuka program pengobatan gratis. Pesan tersebut berisi informasi bagi yang mempunyai saudara, tetangga, ataupun rekan yang sedang sakit dan tidak memiliki kartu BPJS maupun BPJS yang tidak aktif bahwa pada RS Citarum sedang ada program pengobatan gratis.

Setelah ditelusuri, hal ini sudah ditanggapi oleh pihak Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum. Pada akun instagram resmi @pantiwilasa_citarum_official menyatakan informasi tersebut adalah hoax.

“Melalui media ini RS Panti Wilkes Citarum menyatakan :

1. Bahwa Informasi tersebut adalah hoax / tidak benar

2. Bahwa pembuat postingan / nama dan nomor telepon yang tercantum tidak pernah berkomunikasi dengan pihak Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum

3. Bahwa Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum sama sekali tidak bertanggung jawab atas segala akibat yang ditimbulkan oleh postingan bersebut.

Silahkan sebar luaskan informasi ini supaya tidak ada korban yang berjatuhan karena informasi Hoax ini

Terimakasih ” (10/10/2020)

Sebaiknya jika menemukan informasi tentang Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum bisa langsung cek kebenaran di website resmi pantiwilasa-citarum.co.id dan instagram resmi yaitu @pantiwilasa_citarum_official yang sudah pasti memuat informasi benar.

Dengan demikian, informasi tentang program gratis untuk yang tidak mempunyai BPJS dan BPJS yang tidak aktif di RS Panti Wilasa Citarum disertai nomor dan nama pada broadcast WhatsApp tersebut tidak benar sehingga hal tersebut masuk dalam kategori konten palsu.

REFERENSI:

https://www.instagram.com/p/CGJzcx9niyT/?igshid=py3d4uonxvzy

http://www.pantiwilasa-citarum.co.id/…/SU_HOME/index.php