[SALAH] Foto “Pengumuman Pabrik Tidak Beroperasi”

Foto editan / suntingan. Pada foto asli hanya terdapat tulisan “DIRECTORY LOKASI PEMAKAMAN”. Pos keamanan di foto itu adalah pos Pos Satpam San Diego Hills Memorial Park and Funeral Homes yang merupakan sebuah kompleks pemakaman milik swasta di Karawang, Jawa Barat.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten yang Dimanipulasi
============================================

Akun Twitter Presiden Runner Up. 2 (twitter.com/P3nj3l4j4h_id) mengunggah sebuah foto dengan narasi sebagai berikut:

“Rasain dibalas!!!”

Di foto yang diunggah, terdapat papan pengumuman yang bertuliskan “PENGUMUMAN PABRIK TIDAK BEROPERASI SAMPAI BATAS WAKTU YANG TIDAK DITENTUKAN !!! PARA BOSS SEDANG MOGOK USAHA DAN BERLIBUR KE KUTUB UNTUK MENDIGINKAN OTAK…. TTD SEKURITI”

Sumber : https://archive.md/LZS78 (Arsip)
============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim adanya foto yang mempelihatkan papan pengumuman yang berisi pemberitahuan pabrik tidak beroperasi sampai batas waktu yang tidak ditentukan karena para bos sedang mogok usaha adalah klaim yang salah.

Faktanya, foto pengumuman tersebut adalah foto hasil editan atau suntingan. Pada foto asli hanya terdapat tulisan “DIRECTORY LOKASI PEMAKAMAN”. Pos keamanan di foto itu adalah pos Pos Satpam San Diego Hills Memorial Park and Funeral Homes yang merupakan sebuah kompleks pemakaman milik swasta di Karawang, Jawa Barat.

Foto asli, salah satunya diunggah di situs brigadenews.co.id pada 11 Juni 2020 di artikel berjudul “Patroli Antisipasi C3 Polsek Telukjambe Barat Sambangi Pos Security”

Dikutip dari artikel tersebut, foto itu adalah kegiatan Patroli antisipasi C3, sosialisasi & cek kesiapan protokol kesehatan kepada Security Sandiego Hills Desa Margakaya diwilayah hukum polsek Telukjambe Barat kab. Karawang oleh Personil Polsek Telukajmbe Barat Polres Karawang Polda Jabar Aiptu Yusuf Soepardi dan Bripda Egi. Rabu (10/6/2020).

Foto kegiatan patroli tersebut pada waktu dan sudut pengambilan foto yang berbeda diunggah di situs mediapurnapolri.net pada 1 Agustus 2020 dengan judul “PIKET POLSEK TELUKJAMBE BARAT PATROLI HIMBAU SECURITY DI PEMAKAMAN SANDIEGO HILL”

REFERENSI
https://brigadenews.co.id/2020/06/11/patroli-antisipasi-c3-polsek-telukjambe-barat-sambangi-pos-security/
http://mediapurnapolri.net/2020/08/01/piket-polsek-telukjambe-barat-patroli-himbau-security-di-pemakaman-sandiego-hill/
https://id.wikipedia.org/wiki/San_Diego_Hills

About Adi Syafitrah 1148 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo