[SALAH] “Info valid dari org dlm Istana: LBP siap2 utk melarikan diri ke luar negeri, kemungkinan ke Cina”

Bukan melarikan diri. Rencana keberangkatan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan sebagai bagian dari Tim dari pemerintah bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) dijadwalkan berkunjung ke Tiongkok pada pertengahan Oktober 2020 untuk meninjau vaksin Covid-19.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten yang Menyesatkan
============================================

Akun محمد ابیدن ارینی (fb.com/leonardo.ghagra) mengunggah sebuah gambar tangkapan layar cuitan akun Twitter @hani_titik yang berisi narasi sebagai berikut:

“”BREAKING NEWS*
Info valid dari org dlm Istana: LBP siap2 utk melarikan diri ke luar negeri, kemungkinan ke Cina
# diminta blokade semua pintu bandara n pelabuhan
Info GWA”

Sumber : https://archive.vn/VgTZg (Arsip)
============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Cek Fakta Medcom, klaim bahwa Luhut Binsar Pandjaitan siap-siap untuk melarikan diri ke luar negeri adalah klaim yang menyesatkan.

Faktanya, bukan melarikan diri. Rencana keberangkatan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan sebagai bagian dari Tim dari pemerintah bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) dijadwalkan berkunjung ke Tiongkok pada pertengahan Oktober 2020 untuk meninjau vaksin Covid-19.

Dilansir dari Okezone.com, Tim dari pemerintah bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) dijadwalkan berkunjung ke Tiongkok pada pertengahan Oktober 2020 untuk meninjau vaksin Covid-19. Adapun tim dari pemerintah terdiri dari Menko Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto dan Direktur Utama PT Bio Farma Honesti Basyir.

Sedangkan dari MUI terdiri dari Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) dan Komisi Fatwa. Mereka akan mengecek keamanan dari segi kesehatan dan kehalalan vaksin Covid-19.

Dilansir dari Sindonews.com, Kunjungan Luhut dan tim ini, dalam rangka memastikan keamanan vaksin. Luhut dan tim ingin memastikan vaksin tersebut dijamin aman dari segala hal untuk rakyat Indonesia.

Hal ini diungkapkan Juru Bicara Wakil Presiden, Masduki Baidlowi. Pasalnya Luhut dan sejumlah pihak melakukan pertemuan dengan Wakil Presiden Ma’ruf Amin pada Jumat 2 Oktober 2020 lalu. Luhut melaporkan perkembangan terkait pengadaan vaksin.

Masduki menegaskan kunjungan Luhut dan tim, termasuk pihak MUI untuk memverifikasi lebih lanjut. Dari proses verifikasi itu akan diketahui hal-hal yang menjadi keraguan atau pertanyaan sebelumnya. Antara lain soal halal atau tidak.

REFERENSI
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/GKdp420K-cek-fakta-luhut-binsar-pandjaitan-dikabarkan-kabur-ke-tiongkok-ini-fakta
https://nasional.okezone.com/read/2020/10/03/337/2287955/wakil-pemerintah-dan-mui-akan-bertolak-ke-china-cek-keamanan-kehalalan-vaksin-covid-19
https://nasional.sindonews.com/read/184822/15/luhut-terawan-hingga-mui-segera-ke-china-urus-vaksin-covid-19-1601727036

About Adi 1379 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo