[SALAH] “Cie ga pake masker cie berdekatan cie lupa ada corona cie selfi bareng”

Bukan foto saat UU Cipta Kerja disahkan pada 5 Oktober 2020. Foto tersebut merupakan foto yang diambil pada 12 Februari 2020, sebelum adanya kasus pertama positif Covid-19 di Indonesia. Ketika itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan sejumlah menteri lainnya menyerahkan surat presiden serta draf RUU Omnibus Law Cipta Kerja kepada Ketua DPR Puan Maharani di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten yang Salah
============================================

Akun Tian Kinos (fb.com/tian.kinos.9) mengunggah gambar tangkapan layar artikel berjudul “Sah, DPR Tetapkan RUU Cipta Kerja Jadi Undang-Undang” dengan narasi sebagai berikut:

“Cie ga pake masker cie berdekatan cie lupa ada corona.. cie cie cie selfi bareng cie cie ada yg lupa cieeeee witttwiiiewwwww”

Dalam foto tersebut, para menteri yang terlihat, seperti Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Keuangan Sri Mulyani, serta Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, dan Ketua DPR Puan Maharani serta Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin tidak mengenakan masker. Airlangga dan Puan pun tampak membawa segepok dokumen.

Sumber : https://archive.md/uet7J (Arsip)
============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim bahwa foto para menteri dan anggota DPR yang tidak bermasker diambil saat UU Cipta Kerja disahkan pada 5 Oktober 2020 adalah klaim yang salah.

Faktanya, bukan foto saat UU Cipta Kerja disahkan pada 5 Oktober 2020. Foto tersebut merupakan foto yang diambil pada 12 Februari 2020, sebelum adanya kasus pertama positif Covid-19 di Indonesia. Ketika itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan sejumlah menteri lainnya menyerahkan surat presiden serta draf RUU Omnibus Law Cipta Kerja kepada Ketua DPR Puan Maharani di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.

Dilansir dari Tempo, foto-foto tersebut terdapat dalam berita foto yang berjudul “Pemerintah Serahkan Draf RUU Omnibus Law Cipta Kerja ke DPR”. Foto-foto itu diberi keterangan, “Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyerahkan surat presiden dan draf RUU Omnibus Law Cipta Kerja kepada Ketua DPR Puan Maharani di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu, 12 Februari 2020.”

Tempo kemudian menelusuri berita di Liputan6.com yang berjudul “Sah, DPR Tetapkan RUU Cipta Kerja Jadi Undang-Undang”. Berita dengan judul ini memang pernah dimuat oleh Liputan6.com pada 5 Oktober 2020. Namun, fotonya memperlihatkan foto ketika UU Cipta Kerja diketok di DPR pada 5 Oktober 2020. Dalam foto itu, para menteri dan anggota DPR terlihat mengenakan masker. Motif pakaian batik yang mereka kenakan pun berbeda dengan yang dipakai dalam foto unggahan akun Baim.

Meskipun begitu, pada 5 Oktober 2020, halaman Facebook Liputan6 memang membagikan tautan berita dengan judul itu yang dilengkapi dengan foto seperti yang terdapat dalam unggahan akun Baim. Namun, saat tautannya diklik, foto tersebut tidak ditemukan dan sudah berganti dengan foto para menteri dan anggota DPR yang bermasker.

Tempo pun menelusuri berita di Liputan6.com yang menggunakan foto seperti yang terdapat dalam unggahan akun Baim. Foto itu salah satunya digunakan dalam berita yang berjudul “Akan Disahkan DPR, Ekonom Sebut RUU Omnibus Law Tak Mampu Dongkrak Investasi” pada 5 Oktober 2020. Namun, foto tersebut telah diberi keterangan bahwa diambil pada 12 Februari 2020, sebelum adanya kasus pertama positif Covid-19 di Indonesia. Berikut ini keterangan foto itu:

“Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (tengah) menyerahkan draft RUU Omnibus Law kepada Ketua DPR Puan Maharani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (12/2/2020). Pemerintah mengajukan RUU Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja dan RUU Omnibus Law Perpajakan. (Liputan6.com/Johan Tallo)”

REFERENSI
https://cekfakta.tempo.co/fakta/1044/fakta-atau-hoaks-benarkah-foto-para-menteri-dan-anggota-dpr-yang-tak-bermasker-ini-diambil-saat-uu-cipta-kerja-diketok
https://foto.tempo.co/read/78296/pemerintah-serahkan-draf-ruu-omnibus-law-cipta-kerja-ke-dpr#foto-1
https://www.facebook.com/liputan6online/posts/10159235630751435 (Arsip : archive.md/6nKFp)
https://www.liputan6.com/bisnis/read/4374475/sah-dpr-tetapkan-ruu-cipta-kerja-jadi-undang-undang
https://www.liputan6.com/bisnis/read/4374414/akan-disahkan-dpr-ekonom-sebut-ruu-omnibus-law-tak-mampu-dongkrak-investasi

About Adi Syafitrah 1126 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo