[SALAH] Pengantin Wanita Meninggal saat Dirias

Hasil Periksa Fakta Rahmi Kania Dewi (Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta)

Informasi salah. Pengantin tersebut nyatanya hanya tertidur karena kelelahan.
Selengkapnya terdapat di penjelasan.
====
Kategori: Misleading Content/Konten yang Menyesatkan
====
Sumber: Facebook

https://archive.vn/2QBeO
====
Narasi:
Viral Pengantin Wanita di Pemalang – Jawa Tengah Meninggal Saat Dirias Jelang Akad
====
Penjelasan:
Melalui media sosial Facebook, akun Muslim Dunia membagikan artikel berjudul “Viral Pengantin Wanita di Pemalang – Jawa Tengah Meninggal Saat Dirias Jelang Akad”. Tampilan sampul depan yang digunakan pada artikel tersebut diketahui berasal dari sebuah video TikTok yang diunggah akun @aisyahnaura0. 
Berdasar penelusuran, informasi yang menyebut pengantin meninggal adalah salah. Dilansir oleh detik.com, pemilik akun TikTok Aisyah yang pertama kali mengunggah video pengantin melakukan klarifikasi.
Aisyah menegaskan, pengantin wanita dalam video yang diunggahnya ke tidak meninggal dunia, melainkan hanya tertidur.
“Disini saya akan mengklarifikasi tentang video TikTok saya, yang sedang viral tentang pengantin tertidur itu. Di sana saya sudah kasih judul tertidur, bukan meninggal. Video itu saya ambil pada 12 Agustus 2020. Pas acara pernikahan kedua mempelai, di desa Kepohagung,Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Kebetulan saya sebagai tukang riasnya” kata Aisyah.
Lanjut Aisyah menjelaskan terkait faktor pengantin wanita itu tertidur saat dirias.
“Saat itu pengantin wanita lemas, mungkin karena factor kecapekan, dan itu terjadi pada saat sesi foto-foto keluarga. Saya sudah ketemu sama pengantin dan sudah membuat kalrifikasi tentang video itu. Tolong diluruskan pemberitaan yang simpang siur tersebut.” lanjut Aisyah.
Dengan demikian, viralnya video pengantin meninggal saat dirias termasuk kategori Konten yang Menyesatkan. Hal ini dikarenakan Video tersebut adalah tidak sesuai fakta.
====
Referensi:

https://vt.tiktok.com/ZSHBxohw/

https://wolipop.detik.com/wedding-news/d-5197133/viral-pengantin-sunda-disebut-meninggal-saat-dirias-ini-fakta-sebenarnya

https://www.idnews.my.id/2020/10/viral-pengantin-wanita-di-pemalang-jawa.html