[SALAH] Video Tumpukan Uang 4 Miliar Dolar Dipajang Pemerintah Brazil sebagai Simbol Berhasilnya Pemerintah Mendapatkan Uang dari Politisi Brazil yang Korup

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra (Universitas Diponegoro)

Informasi tersebut salah. Faktanya, tumpukan uang 4 miliar dolar di Kota Curitiba, Brazil tersebut digunakan untuk proses pembuatan dan promosi film, bukan sebagai simbol berhasilnya pemerintah Brazil mendapatkan uang dari politisi yang korup.

=====

KATEGORI: KONTEKS YANG SALAH / FALSE CONTEXT

=====

Sumber: Postingan Twitter @mini_razdan10
http://archive.vn/S3k2W

=====

Narasi:
“This is not a building, these are the 4 billion dollars that the Brazilian government has recovered from its corrupt politicians and public servants, the money is displayed in public place for public viewing.”

Terjemahan:
“Ini bukanlah sebuah bangunan, ini adalah uang sebanyak 4 miliar dolar yang pemerintah Brazil telah dapatkan kembali dari politisi dan pelayan publik yang korup, uang tersebut dipajang di tempat umum agar publik dapat melihatnya.”

=====

Penjelasan:
Akun Twitter @mini_razdan10 (Mini Razdan), menulis cuitan yang diunggah pada 30 September 2020. Cuitan tersebut menyebarluaskan informasi bahwa tautan video yang dilampirkan dalam cuitan tersebut merupakan sebuah pembuktian pemerintah Brazil karena telah mendapatkan kembali uang yang diambil dari pejabat dan pelayan publik Brazil yang korup. Kemudian, uang tersebut sengaja dipajang di tempat umum agar publik dapat melihatnya. Cuitan tersebut telah dibagikan ulang sebanyak 633 kali. Selain itu, terdapat 1.256 orang yang telah menyukai cuitan tersebut, diikuti dengan 84 orang memberikan komentar.

Berdasarkan hasil penelurusan lebih lanjut, dilansir dari portal berita Allmanaque, tumpukan uang 4 miliar dolar di Kota Curitiba tersebut digunakan dalam salah satu adegan film dan promosi film berjudul “Federal Police – The Law Is for Everyone” yang launching pada tanggal 7 September 2017. Fakta ini didukung dengan klaim serupa dari portal berita Click Parana yang menyatakan bahwa siapapun yang melewati pusat Kota Curitiba pada tanggal 28 Agustus hingga 7 September 2017 akan melihat tumpukan uang yang tingginya lebih dari empat meter, sebagai bagian dari usaha promosi film.

“Kami ingin menarik perhatian semua masyarakat tentang seberapa banyak uang yang telah dicuri dan menyebabkan begitu banyak kerusakan di negara ini. Film ini ingin memperlihatkan cerita di balik layar dengan Kota Curitiba sebagai tempat utamanya” ujar Tomislav Blazic, produser film Federal Police – The Law Is for Everyone pada wawancara dengan Banda B, 28 Agustus 2017 yang lalu.

Dengan demikian, pernyataan yang ditulis oleh @mini_razdan10 tersebut dapat dikategorikan sebagai konteks yang salah, sebab akun tersebut telah memberikan narasi yang salah terhadap video tumpukan uang di Brazil.

=====

REFERENSI:
https://video.twimg.com/ext_tw_video/1311285399759847426/pu/vid/224×400/wLykzrvQGIW0lHsY.mp4?tag=10
https://allmanaque.com/noticia.php/policia-federal-%E2%80%93-a-lei-a-para-todos–em-acao-do-filme-a-cidade-de-curitiba-recebe-pilha-de-dinheiro-de-4-metros-de-altura-3569/?idNoticia=3569
https://www.bandab.com.br/entretenimento/cinema/boca-maldita-amanhece-com-r-4-bilhoes-empilhados-em-dia-de-pre-estreia-do-filme-da-lava-jato/
https://www.clickparana.com/noticia/8507/pilhas-de-dinheiro-no-centro-de-curitiba.html