[SALAH] Video “VIRAL DIDUGA OKNUM TNI CURI KOTAK AMAL”

Kejadian tahun 2019. Pelaku sudah diproses oleh Detasemen Polisi Militer 4/II Sriwijaya. Pria di video itu adalah oknum anggota TNI inisial Kopda H yang bertugas di satuan Batalyon Kavaleri (Yonkav) 5 5/DPC Karang Endah Prabumulih, Sumatera Selatan.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten yang Salah
============================================

Akun Prama_69 (fb.com/69movie) mengunggah sebuah video pada Jumat, 2 Oktober 2020 dengan narasi sebagai berikut:

“VIRAL …… DIDUGA OKNUM TNI CURI KOTAK AMAL”

Di video itu, memperlihatkan seorang pria yang mengenakan seragam TNI lengkap yang ditangkap oleh warga lantaran diduga telah mencuri sebuah kotak amal masjid.

Sumber : https://archive.md/Krd3f (Arsip)
============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim adanya video pria yang mengenakan seragam TNI lengkap yang ditangkap oleh warga lantaran diduga telah mencuri sebuah kotak amal masjid pada bulan Oktober 2020 adalah klaim yang salah.

Faktanya, video itu adalah kejadian tahun 2019. Pria di video itu adalah oknum anggota TNI inisial Kopda H yang bertugas di satuan Batalyon Kavaleri (Yonkav) 5 5/DPC Karang Endah Prabumulih, Sumatera Selatan. Pelaku sudah diproses oleh Detasemen Polisi Militer 4/II Sriwijaya.

H ditangkap warga saat hendak mencuri kotak amal di Masjid Nurul Islam, Jalan Setunggal RT 13 RW 01, Kelurahan 8 Ilir, Kecamatan Ilir Timur III Kota Palembang, Sumatera Selatan. Aksi pencurian tersebut terjadi pada hari Sabtu (13/72019) pada pukul 11.00 WIB.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) II/Sriwijaya Kolonel Infanteri Djohan Darmawan.

“Benar kejadian tersebut, pelaku anggota TNI yang masih aktif. Saat ini berdinas di di Yonkav (Batalyon Kavaleri) 5/DPC Karang Endah Prabumulih,” ujar Djohan, Minggu (14/7/2019).

Djohan menjelaskan, peristiwa tersebut bermula saat jemaah masjid curiga dengan gerak-gerik H. Jemaah kemudian mengamati H yang saat itu mengenakan pakaian dinas. Warga menduga H adalah TNI gadungan, lantaran saat tertangkap tangan menggunakan seragam lengkap. Ia kemudian ditangkap warga saat menjalankan aksinya. H sempat jadi sasaran amukan warga sebelum diserahkan ke polisi.

Setelah pihak kepolisian melakukan pengecekan, H ternyata masih berstatus anggota TNI aktif yang bertugas di satuan Balayon Kaveleri (Yonkav) 5. H lalu diserahkan kepada Denpom 4/II Palembang untuk menjalani proses penyelidikan.

“Benar, terduga oknum H sedang menjalani pemeriksaan di Denpom 4/ II Palembang. Apakah yang bersangkutan mengalami gangguan kejiwaan atau dugaan pengaruh obat obatan,” kata Djohan melalui pesan singkat, Minggu (14/7/2019).

REFERENSI
https://www.cnnindonesia.com/nasional/20190714135854-12-411964/oknum-anggota-tni-diduga-curi-kotak-amal-masjid-di-palembang
https://www.suara.com/partner/content/keepo/2019/07/15/201359/oknum-tni-berseragam-lengkap-curi-kotak-amal-masjid
https://palembang.kompas.com/read/2019/07/14/16341511/gunakan-seragam-lengkap-oknum-anggota-tni-curi-kotak-amal-masjid

About Adi Syafitrah 1337 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo