[SALAH] Foto Perbandingan Sungai di Vanuatu dan Indonesia

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Univesitas Pendidikan Indonesia)

Narasi yang salah. Faktanya, foto pertama pada unggahan tersebut merupakan foto pantai pribadi di Resort Holiday Inn Vanuatu bernama Laguna Erakor dan foto kedua merupakan foto sungai di Manila, Filipina.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konten yang Salah/False Context

====

Sumber:

Twitter
https://web.archive.org/…/status/1311843772020396032

====

Narasi:

“Perbedaan dua sungai di 2Negara yaitu Vanuatu dan Indonesia 1. Vanuatu 2. Indonesia Ini menggambarkan perilaku masyarakatnya.”

====

Penjelasan:

Akun Twitter Whens Tebay (@whenstebay) mengunggah cuitan berupa narasi yang disertai dengan foto perbandingan dua sungai di Vanuatu dan Indonesia. Cuitan yang diunggah pada 1 Oktober 2020 telah mendapat respon sebanyak 52 komentar, 135 retweets, dan 522 suka.

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim bahwa foto pertama merupakan sungai di Vanuatu adalah salah. Menurut situs resmi Hotel IHG, foto tersebut adalah foto pantai pribadi di Resort Holiday Inn Vanuatu bernama Laguna Erakor.

Adapun foto kedua dari cuitan tersebut merupakan foto sungai di Manila, Filipina yang pernah dimuat dalam artikel The Guardian yang berjudul “World’s poor overwhelmed by rubbish” pada 5 Juni 2009. The Guardian memberikan keterangan bahwa foto tersebut bersumber dari European Pressphoto Agency (EPA).

Mengutip dari EPA, foto yang diberi judul “A Filipino girl living on shanties walks along a polluted creek in Manila” itu diambil oleh fotografer bernama Francis Malasig pada 1 Maret 2009. EPA memberikan keterangan pada foto tersebut dengan narasi sebagai berikut.

“Anak sungai yang tercemar tertutup sampah di Manila, Filipina pada 01 Maret 2009. Departemen Lingkungan dan Sumber Daya Alam melaporkan pada 2008 bahwa Filipina menampung 50 sungai besar yang tercemar, dengan mayoritas pencemar berasal dari limbah rumah tangga.”

Dengan demikian, cuitan unggahan akun Twitter Whens Tebay (@whenstebay) dikategorikan sebagai Konten yang salah/False Context sebab narasi perbandingan dua sungai di Vanuatu dan Indonesia salah. Foto pertama pada unggahan tersebut merupakan foto pantai pribadi di Resort Holiday Inn Vanuatu bernama Laguna Erakor dan foto kedua merupakan foto sungai di Manila, Filipina.

====

Referensi:

https://www.ihg.com/…/id/in/port-vila/vlitp/hoteldetail

https://www.google.com/…/data=!3m11!1e2!3m9…

https://www.theguardian.com/…/waste-world-environment-day

https://webgate.epa.eu/webgate?EVENT=WEBSHOP_SEARCH&SEARCHMODE=SERIES&SHOWSERIES=1.372&MEDIAGROUP_SCOPE=1&MEDIANUMBER=02084095=