[SALAH] Helikopter Milik Azerbaijan Jatuh

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini (Universitas Diponegoro).

Informasi yang salah. Faktanya, foto yang disebarluaskan tersebut berasal dari sebuah video yang menunjukkan detik-detik jatuhnya helikopter milik angkatan udara Bashar al-Assad di Idlib, Suriah, pada 11 Februari 2020.

= = = = =

KATEGORI: Konteks yang Salah/False Context

= = = = =

SUMBER: Twitter
https://archive.vn/iI3tC

= = = = =

NARASI:

“ :smiley::smiley: Azerbaijani helicopter”

= = = = =

PENJELASAN:

Pengguna Twitter maytham956 mengunggah foto (27/9) yang menunjukkan sebuah helikopter terlihat terbakar dan jatuh. Foto tersebut disertai dengan keterangan yang menyebutkan bahwa helikopter tersebut adalah milik Azerbaijan. Foto tersebut diunggah menyusul sengketa wilayah Nagorno-Karabakh antara Azerbaijan dan Armenia.

Berdasarkan hasil penelusuran, foto helikopter yang terbakar dan jatuh tersebut diambil dari potongan video yang diunggah oleh kanal R&U Videos di YouTube pada 11 Februari 2020 lalu. Video tersebut meliputi detik-detik jatuhnya helikopter milik angkatan udara Bashar al-Assad di Idlib, Suriah.

Informasi dengan topik yang sama sebelumnya juga pernah dimuat dalam situs Reuters dengan judul “Fact check: Images of Downed Helicopter Were Not from Azerbaijan-Armenia Conflict” dan mengkategorikannya sebagai false.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh pengguna Twitter maytham956 dapat dikategorikan sebagai Konteks yang Salah/False Context.

= = = = =

REFERENSI:
https://www.reuters.com/article/uk-factcheck-azerbaijan/fact-check-images-of-downed-helicopter-were-not-from-azerbaijan-armenia-conflict-idUSKBN26K1UJ
https://www.youtube.com/watch?v=M79RybRAr2M&feature=youtu.be&t=114
https://videos.ebaa.news/watch/beik8EndxHEXQuH