[SALAH] Foto “Inilah wajah dari Firaun Ramses II”

Foto editan / suntingan. Pada foto asli, bagian mata, hidung, telinga dan bibir mumi Firaun Ramses II sudah tidak utuh.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten yang Dimanipulasi
============================================

Akun AXEL CURT GREYXON XÐ (fb.com/Bahar.Lesmana209) mengunggah sebuah gambar dengan narasi “Menguak Fakta Sejarah, Asli Apa tidak yah”

Di gambar yang diunggah, terdapat penampakan mumi dan narasi “#ASLIFAKTA” “Inilah wajah dari Firaun Ramses II,penguasa Firaun paling kuat dalam sejarah Mesir Kuno dan dipercaya sebagai Firaun yang disebutkan dalam Al-Quran.” dan “@aslifakta”

Sumber : https://archive.md/9Gutq (Arsip)
============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, foto penampakan mumi dengan bagian mata, hidung, telinga dan bibir tampak utuh adalah wajah dari Firaun Ramses II adalah klaim yang salah.

Faktanya, foto itu adalah foto hasil editan atau suntingan. Pada foto asli, bagian mata, hidung, telinga dan bibir mumi Firaun Ramses II sudah tidak utuh.

Gambar yang memuat foto asli yang telah diubah oleh sumber klaim, diunggah oleh akun Instagram @aslifakta pada 12 Agustus 2020 dengan narasi sebagai berikut:

“Ramses II adalah Firaun ke-3 dari dinasti ke-19 yang memerintah selama 66 tahun mulai dari 1279-1213 SM. Selama memerintah Mesir di masa lalu, Ramses II dikenal sangat keji. Bahkan dia bisa melakukan apa saja termasuk memperbudak bangsa Bani Israil dengan cara yang sangat mengerikan. Sejarawan meyakini bahwa Ramses II adalah Firaun yang disebutkan dalam Alquran. Perangainya yang sangat buruk terutama pada kalangan baik dianggap sudah sesuai dengan deskripsi dari kitab suci. Sayangnya, bukti-bukti otentik tentang kebenaran ini masih simpang siur. Saat ini mayat dari Ramses II dipajang di Museum Kairo. (Boombastis) Sekuat-kuatnya manusia tetap saja selalu di akhiri dengan kematian. #aslifakta #indonesia”

Lebih lama lagi, foto penampakan mumi Ramses II diunggah di situs flickr.com pada 7 Desember 2005 dengan judul “ramses-ii-mummy 3”

Ramses II (juga disebut Ramses yang Agung/Ozymandias; bahasa Inggris: Ramesses II) adalah firaun Mesir ketiga yang berasal dari dinasti ke-19. Ia sering dianggap sebagai firaun terbesar dan terkuat dalam sejarah Mesir Kuno.

REFERENSI
https://www.instagram.com/p/CDxhgB8DQ48/ (https://archive.vn/G9mgp – Arsip)
https://www.flickr.com/photos/11951319@N08/4189887210/
https://id.wikipedia.org/wiki/Ramses_II

About Adi Syafitrah 929 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo