[SALAH] Hadiah Uang Tunai Program Semarak Lazada 2020

Program bukan berasal dari Lazada Indonesia. Untuk informasi resmi terkait program yang dilakukan Lazada Indonesia diumumkan di kanal-kanal resmi milik Lazada yang sudah terverifikasi, bukan melalui SMS berantai.

=====

Kategori: Fabricated Content/Konten Palsu

=====

Sumber: SMS

Arsip laman dalam narasi: https://archive.fo/PHAL3

=====

Narasi:

“Resmi Dr Lazada Slmt Anda T-Pilih Mdptkan Uang Tunai Rp.175,000,000.- Dr Program Semarak Lazada 2020 Kode ID_VSG88D9 U/info Klik www[dot]gebyarundian-ptlazada[dot]ml”

=====

Penjelasan:

Beredar pesan berantai melalui SMS mengenai Lazada membagikan hadiah uang tunai sebesar Rp175 juta. Dalam narasi disebutkan pembagian hadiah tersebut bagian dari “Program Semarak Lazada 2020” dan dalam pesan itu juga disertakan tautan.

Berdasarkan hasil penelusuran, isi pesan seperti itu merupakan modus penipuan mengatasnamakan Lazada Indonesia. Isi pesan semacam itu sudah sering beredar mengatasnamakan Lazada Indonesia.

CMO Lazada Indonesia, Monika Rudijono, dalam keterangan resminya, Jumat (8/3/2019) menyatakan bahwa Lazada Indonesia mengumumkan konten atau kuis apa pun melalui akun resmi perusahaan dan media terpercaya.

Oleh sebab itu, perusahaan mengimbau masyarakat untuk tidak terkecoh dengan segala penipuan yang mengatasnamakan Lazada. Akun-akun resmi milik layanan e-commerce itu adalah Lazada Indonesia di Facebook (https://web.facebook.com/LazadaIndonesia), Twitter @lazaadaid, Instagram @lazada_id, YouTube Lazada Indonesia, Line[Lazada]( 3236775 “”) Indonesia. Di luar akun tersebut, pengumuman kontes dan pemenang juga diumumkan di media online, cetak, radio, dan TV yang terakreditasi dan terdaftar di Dewan Pers Indonesia.

“Semua konten dan kuis yang kami adakan hanya dilakukan dan diumumkan pada akun resmi Lazada Indonesia, serta media online, cetak, radio dan TV yang terakreditasi dan terdaftar di Dewan Pers Indonesia,” ungkap Monika yang dilansir dari liputan6.com.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka konten tersebut masuk ke dalam kategori Fabricated Content atau Konten Palsu.

=====

Referensi:

https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/1295861120746420/

https://www.liputan6.com/tekno/read/3911995/sms-penipuan-mengatasnamakan-lazada-bikin-heboh-ini-penjelasannya

https://web.facebook.com/LazadaIndonesia

https://www.instagram.com/lazada_id/