[SALAH] Foto Ikan Hiu di Tiang Listrik Akibat Badai Laura

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini (Universitas Diponegoro).

Informasi yang salah. Faktanya, foto ikan hiu yang tersangkut di tiang listrik tidak disebabkan oleh Badai Laura, tetapi karena kecelakaan yang terjadi di jembatan Dog River, di mana sebuah perahu nelayan jatuh dan muatan perahu tumpah ke jalan di bawahnya.

= = = = =

KATEGORI: Konteks yang Salah/False Context

= = = = =

SUMBER: Reddit
https://archive.vn/wzoPc

= = = = =

NARASI:

“The insane power of Hurricane Laura… Sharks on a powerline.”

= = = = =

PENJELASAN:

Akun Reddit combatpaddler mengunggah foto (9/9) yang menunjukkan beberapa ekor ikan hiu tersangkut di sebuah tiang listrik. Akun tersebut juga menyertakan caption yang bertuliskan “The insane power of Hurricane Laura… Sharks on a powerline.”, atau dapat diartikan sebagai “Kekuatan hebat dari Badai Laura… Ikan-ikan hiu di tiang listrik.”

Berdasarkan hasil penelusuran, ikan-ikan hiu tersebut memang tersangkut di sebuah tiang listrik, tetapi tidak disebabkan oleh Badai Laura. Dilansir dari wkrg.com, penyebab sebenarnya dari insiden tersebut adalah kecelakaan yang terjadi di jembatan Dog River, di mana sebuah perahu nelayan jatuh dan menyebabkan muatan perahu tumpah ke jalan di bawahnya, termasuk beberapa ekor ikan hiu yang tersangkut di tiang listrik tersebut. Kecelakaan terjadi pada tanggal 31 Agustus 2020, beberapa hari setelah Badai Laura, yang melanda beberapa wilayah di Amerika Serikat, reda pada tanggal 29 Agustus 2020.

Informasi dengan topik yang sama sebelumnya juga pernah dibahas oleh Snopes dengan judul “Does a Photo Show Sharks on a Power Line After Hurricane Laura?” dan mengkategorikannya sebagai miscaptioned.

Dengan demikian, foto yang disebarluaskan oleh pengguna Reddit combatpaddler tersebut dapat dikategorikan sebagai Konteks yang Salah atau False Context, sebab foto yang disebarluaskan disertai dengan caption penyebab kejadian yang tidak sesuai dengan penyebab sebenarnya.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.snopes.com/fact-check/sharks-on-power-lines-hurricane/
https://youtu.be/PJX7h0yszuc
https://www.wkrg.com/top-stories/boat-falls-off-dog-river-bridge-scattering-catch-over-the-road/