[SALAH] “Tweet Habib Rizieq: Ane pernah kebagian sembako atau BLT selama ini”

Gambar editan / suntingan. Faktanya, di Twitter tidak ditemukan unggahan terkait. Akun Twitter dengan nama pengguna HRSofficial (twitter.com/hrsofficial) tidak terkait dengan Habib Rizieq.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : konten yang Dimanipulasi
============================================

Akun Yoga Howedes (fb.com/yoga.fratama.503) mengunggah sebuah gambar yang seolah adalah cuitan dari akun dengan nama Habib Rizieq.S (@HRSofficial) dengan narasi sebagai berikut:

“Kasian beliau nampaknya sudah habis bekal di Arab sana? Gak bisa demo lagi.. Mau jadi wts juga takut ditangkap folisi Arab.. Selamat Weekend Bong!!!”

Pada gambar yang seolah tangkapan layar dari akun bercentang biru itu, terdapat narasi “Rezim ini sungguh terlalu!!! Ane gak pernah kebagian bantuan sembako atau BLT selama ini. Apa namanya kalau bukan Kriminalisasi Ulama???”

Sumber : https://archive.vn/TcdMl (Arsip)
============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim adanya gambar tangkapan layar postingan dari akun dengan nama Habib Rizieq.S (@HRSofficial) yang menyatakan bahwa dia tidak pernah kebagian bantuan sembako atau BLT selama ini adalah klaim yang salah.

Faktanya, gambar itu adalah gambar editan atau suntingan. Di Twitter tidak ditemukan unggahan terkait. Akun Twitter dengan nama pengguna @HRSofficial (twitter.com/hrsofficial) tidak terkait dengan Habib Rizieq.

Dilansir dari Medcom.id, pada akun itu juga tidak ada kaitannya dengan Habib Rizieq dan akun itu tidak bercentang biru. Kemudian, akun itu juga terlihat tidak aktif. Jika dihitung hingga 19 September 2020, unggahan terakhirnya dibuat pada 10 April 2012.

REFERENSI
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/ZkeB2GqK-cek-fakta-di-twitter-habib-rizieq-ngeluh-tak-kebagian-sembako-dari-rezi
https://twitter.com/hrsofficial

About Adi 1384 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo