[SALAH] “surat panggilan tes interview PT. Pertamina 25 September 2020”

Hasil periksa fakta Riza Dwi M (Anggota Tim Kalimasada)

Bukan dari pihak Pertamina dan terdapat indikasi penipuan. PT Pertamina. saat ini tidak sedang membuka seleksi karyawan.

Kategori: Fabricated Content / Konten Palsu

==========
Sumber: SMS
==========
Narasi:
“surat panggilan tes interview PT. Pertamina 25 September 2020”

==========

Penjelasan:
Beredar SMS berisi komfirmasi surat panggilan tes interview yang mengatasnamakan PT Pertamina pada 25 September 2020.

Setelah ditelusuri di laman resmi PT Pertamina, saat ini ternyata tidak sedang membuka seleksi karyawan. PT Pertamina melalui akun Twitter terverifikasi miliknya menyatakan bahwa isi SMS tersebut bukan dari pihak Pertamina dan terdapat indikasi penipuan.

Selain itu, Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman, dalam wawancara dengan Liputan6.com, Minggu (31/8/2020), juga mengkonfirmasi surat tersebut tidak benar. “Kami memang belum membuka lowongan baru saat ini. Selain itu kami juga selalu menginformasikan lowongan melalui akun media sosial resmi Pertamina dan website recruitment.pertamina.com,” ujar Fajriyah.

Fajriyah menyatakan sudah banyak penipuan dengan modus surat panggilan seperti ini. “Yang jelas PT Pertamina tak pernah memakai pihak ketiga untuk perekrutan karyawan dan tak pernah memungut biaya calon karyawan. Kami berharap masyarakat tidak mudah percaya dengan surat panggilan atau lowongan dari PT Pertamina. Jika memang ragu bisa menghubungi kami di 1-500-000.”

Referensi:
https://turnbackhoax.id/2020/09/07/salah-surat-panggilan-calon-karyawan-pertamina-diy-dan-solo/
https://recruitment.pertamina.com/job
https://twitter.com/pertamina/status/1308226926868180992

About Adi Syafitrah 1332 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo