[SALAH] Surat Pengangkatan CPNS oleh Kementerian PANRB

Surat palsu. Melalui akun media sosial resmi, dinyatakan bahwa surat tersebut tidak benar alias hoaks. Pihak Kementerian PANRB menyatakan tidak pernah menerbitkan surat yang turut mencatut tanda tangan Menteri PANRB, Tjahyo Kumolo tersebut.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI: FABRICATED CONTENT/KONTEN PALSU

===

SUMBER: TANGKAPAN LAYAR KERTAS SURAT

===

NARASI:

MENTERI PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI REPUBLIK INDONESIA

Yth

  1. Para Koordinator dann Sub Koordinator
  2. Para Peserta CPNS 2018/2019

Menindaklanjuti hasil rapat pada tanggal 26 – 27 Oktober 2019 bertempat di Kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi di pimpin langsung oleh Bapak TJAHJO KUMOLO

===

PENJELASAN: Beredar surat pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mengatasnamakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), lengkap dengan tanda tangan Menteri PANRB Tjahyo Kumolo. Menanggapi atas beredarnya surat tersebut. Kementerian PNRB pun akhirnya angkat bicara.

Melalui media sosial resmi Instagram @kemenpanrb, ditegaskan bahwa surat tersebut adalah palsu alias hoaks. Kementerian PANRB menyatakan pihaknya tidak pernah menerbitkan surat seperti halnya yang beredar.

Berikut klarifikasi lengkap oleh Kementerian PANRB:

Sahabat Muda, penipuan berdalih pengangkatan CPNS kembali terjadi. Sebanyak 55 orang telah menjadi korban penipuan dan telah mentransfer uang sebesar Rp 3,8 miliar kepada oknum yang mengatasnamakan Menteri PANRB Tjahjo Kumolo. Kasus penipuan pengangkatan CPNS telah dilaporkan ke Polda Metro Jaya, Kamis (17/09).
__
Ingat bahwa proses rekrutmen CPNS TIDAK dipungut biaya. Selalu berhati-hati dan jangan mudah percaya jika ada informasi/surat yang meragukan. Admin berharap Sahabat Muda selalu waspada dan memastikan kebenarannya kepada kami. Terima kasih.

===

REFERENSI:

https://www.kompas.com/tren/read/2020/09/18/110349965/hoaks-informasi-pengangkatan-cpns-mencatut-menteri-panrb?page=all
https://kabar24.bisnis.com/read/20200917/16/1293179/55-orang-tertipu-hoaks-pengangkatan-cpns-menpan-rb-lapor-polisi?