[SALAH] Kebakaran Hutan Berhenti di Perbatasan Amerika-Kanada

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini (Universitas Diponegoro).

Informasi yang salah. Faktanya, menurut laporan yang dirilis oleh Canadian Interagency Forest Fire Centre (CIFFC), kebakaran hutan juga telah terjadi di sebagian wilayah di Kanada.

= = = = =

KATEGORI: Konteks yang Salah/False Context

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.vn/D2XuM

= = = = =

NARASI:

“Hey, Governor Newsom, why does ‘climate change’ stop abruptly at the Canadian border?”

= = = = =

PENJELASAN:

Telah beredar foto titik persebaran kebakaran hutan yang beberapa hari ini telah melanda wilayah Amerika Serikat bagian barat. Dalam foto tersebut, nampak bahwa titik kebakaran hutan hanya berada di wilayah California, Alaska, serta wilayah Amerika Serikat yang lain, dan berhenti di perbatasan Amerika-Kanada.

Berdasarkan hasil penelusuran, informasi yang beredar itu tidak benar. Canadian Interagency Forest Fire Centre (CIFFC) secara resmi merilis laporan yang menunjukkan bahwa kebakaran hutan juga tengah terjadi di wilayah Kanada, meskipun tidak dalam skala sebesar kebakaran hutan yang terjadi di wilayah Amerika Serikat bagian barat.

Informasi dengan topik yang sama sebelumnya juga pernah dibahas oleh Reuters dengan judul “Fact check: Wildfires Do Affect Canada and Mexico”, dan mengkategorikannya sebagai false.

Dengan demikian, informasi yang beredar melalui media sosial Facebook tersebut dapat dikategorikan sebagai False Context atau Konteks yang Salah karena CIFFC melalui laporan resminya telah menyatakan bahwa kebakaran hutan juga terjadi di wilayah Kanada.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.reuters.com/article/uk-factcheck-wildfires-california-affect-idUSKBN2672GW
https://www.bbc.com/news/world-us-canada-54128872
https://cwfis.cfs.nrcan.gc.ca/report
https://www.latimes.com/california/story/2020-09-13/climate-change-wildfires-california-west-coast