[SALAH] Minum Minuman Energi Berlebihan Sebabkan Lubang Besar pada Tengkorak Kepala

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Informasi yang tidak tepat. Faktanya, tidak ada pernyataan resmi secara ilmiah dan medis apakah kejadian tersebut terjadi disebabkan meminum minuman energi secara berlebihan atau tidak.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konten yang Menyesatkan

====

Sumber: Instagram
https://archive.fo/tXtxm

====

Narasi:

“Pria bernama Austin ini mempunyai lubang besar pada tengkorak kepalanya yang di sebabkan karena mengkonsumsi minuman energi yang berlebihan.”

====

Penjelasan:

Akun Instagram WOW DUNIA (@wow.dunia) mengunggah foto dengan disertai narasi yang menginformasikan bahwa di tengkorak kepala seorang pria bernama Austin terdapat lubang besar akibat mengkonsumsi minuman energi secara berlebihan pada 14 Agustus 2020. Unggahan tersebut telah disukai sebanyak 72,232 kali.

Berdasarkan hasil penelusuran, informasi mengenai minum minuman energi secara berlebihan menyebabkan lubang besar pada tengkorak kepala tidak tepat. Mengutip dari hasil periksa fakta Snopes, dijelaskan bahwa terdapat pula klaim terkait minuman energi menyebabkan pendarahan otak yang kemungkinan besar berasal dari efek kafein pada tekanan darah. Namun, penelitian lebih lanjut telah menghasilkan informasi yang bertentangan mengenai kemungkinan kejadian tersebut dapat terjadi.

Selain itu, tidak ada pernyataan dari dokter yang memverifikasi bahwa minum minuman energi berlebihan sebabkan lubang pada tengkorak kepala ataupun masuk akal secara medis.

Sebagai tambahan, bahwa nama asli dari Austin adalah Carlos Rodriguez. Pria tersebut harus kehilangan sebagian dari tengkorak kepalanya yang disebabkan kecelakaan mobil yang menimpanya. Mengutip dari Daily Mail, kecelakaan mobil tersebut terjadi karena Carlos mengkonsumsi narkoba.

Dengan demikian, unggahan akun Instagram WOW DUNIA (@wow.dunia) dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan karena tidak ada pernyataan resmi secara ilmiah dan medis apakah kejadian tersebut terjadi disebabkan meminum minuman energi secara berlebihan atau tidak.

====

Referensi:

https://www.snopes.com/fact-check/energy-drink-results-in-hole-in-expectant-fathers-skull/


https://www.inquisitr.com/4554097/did-energy-drinks-really-leave-hole-in-mans-skull-as-wife-gave-birth/

https://www.dailymail.co.uk/news/article-2102461/Man-half-head-Carlos-Halfy-Rodriguez-explains-got-bizarre-injury.html