[SALAH] Foto “Telah ditemukan situs peninggalan PRASEJARAH dimasa Raja Firaun”

Hasil Periksa Fakta Natalia Kristian (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Indonesia).

Bukan situs peninggalan prasejarah yang sebenarnya, foto tersebut adalah “kuburan” bus TransJakarta pada tahun 2019 di sebuah lahan kosong dekat Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

= = = = =

KATEGORI: Satire/Parodi

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.vn/56bYz

= = = = =

NARASI:

“Telah ditemukan situs peninggalan PRASEJARAH dimasa Raja Firaun”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar postingan dari akun Facebook Musonep Sonep dengan sebuah foto berisikan narasi bahwa telah ditemukan situs peninggalan prasejarah dimasa Raja Firaun. Postingan ini telah disebarkan kembali sebanyak 18 kali dan disukai sebanyak 48 kali.

Setelah melakukan reverse search dari gambar yang digunakan menuju kesebuah artikel berita kumparan.com berjudul “Ironi Kuburan Ratusan Bus Transjakarta” yang dipublikasikan pada 7 September 2019. Pada artikel tersebut dijelaskan sekitar 400 bus TransJakarta dengan kondisi tidak terawat di sebuah lahan kosong di dekat Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Pengadaan bus TransJakarta yang sempat bermasalah dikarenakan adanya masalah korupsi pengadaan bus oleh Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta pada tahun 2013 sedangkan pemerintahan provinsi DKI Jakarta sudah membayar uang muka sebesar kurang lebih 110 miliar rupiah. Pada masa kepemimpinan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta menagih uang muka yang telah dibayarkan kepada perusahaan penyedia bus TransJakarta yaitu PT INKA (Industri Kereta Api). BPK merekomendasikan uang muka tersebut dikembalikan kepada Pemprov DKI Jakarta karena perjanjian pengadaan dengan penyedia bus telah dinyatakan batal secara hokum.

Melihat dari penjelasan tersebut, foto “Telah ditemukan situs peninggalan PRASEJARAH dimasa Raja Firaun” adalah tidak benar dan termasuk dalam Satire/Parodi.

= = = = =

REFERENSI:

https://kumparan.com/kumparanbisnis/ironi-kuburan-ratusan-bus-transjakarta-1roEJVCJCFt
https://www.cnbcindonesia.com/news/20190730132542-4-88566/pengakuan-mengejutkan-bos-transjakarta-soal-kuburan-bus
https://www.cnbcindonesia.com/news/20190819182715-4-93116/kasus-bus-transjakarta-inka-ogah-balik-dp-ke-pemprov-dki
https://www.liputan6.com/bisnis/read/4041443/pengadaan-bus-transjakarta-dihentikan-nasib-inka-tak-jelas