[SALAH] Foto Siswi Menulis Kalimat Berbahasa Indonesia di Papan Tulis

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Foto tersebut hasil suntingan/editan. Foto asli dari unggahan akun Facebook itu merupakan foto siswi sekolah asal Laos yang sedang menggambar di papan tulis.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konten yang Dimanipulasi

====

Sumber: Facebook
https://archive.vn/LdchB

====

Narasi:

“Ayahku Bodoh… Katanya Dulu Kalau Jokowi Jadi Presiden Keluarga Kita Sejahtera Kerjaan Melimpah, Sembako Murah, Listrik, Toll Murah. Malah Sekarang Ayah Nganggur Karena Di PHK… PADAHAL AYAH JANJI MAU BELIKAN SEPATU BARU Bukan Nyari Kerja Yang Bener Malah Jualan Togel Dan Masih Ngotot Dukung Jokowi… ayahku Bego”

====

Penjelasan:

Akun Facebook Kenanga Vadis Pinso mengunggah foto pada grup Facebook MANUSIA MERDEKA. Di dalam foto yang diunggah pada 8 September itu, terdapat seorang siswi yang sedang menulis kalimat berbahasa Indonesia di papan tulis menggunakan kapur.

Berdasarkan hasil penelusuran, foto tersebut merupakan foto hasil suntingan/editan. Ditemukan foto asli dari unggahan tersebut di beberapa situs penyedia stok fotografi. Foto asli unggahan itu merujuk pada foto siswi sekolah asal Laos yang sedang menggambar di papan tulis menggunakan kapur.

Dengan demikian, foto unggahan yang diunggah oleh akun Facebook Kenangan Vadis Pinso pada grup Facebook MANUSIA MERDEKA dapat dikategorikan sebagai Konten yang Dimanipulasi karena foto tersebut telah melalui proses penyuntingan.

====

Referensi:

https://www.shutterstock.com/image-photo/laos-school-girl-377841


https://www.megapixl.com/laos-school-girl-stock-photo-134082


https://stock.adobe.com/281826