[SALAH] Surat Penerimaan Calon Taruna Poltekip dan Poltekim

Informasi palsu. Melalui Instagram resminya, ditegaskan bahwa Kementerian PANRB tidak pernah mengeluarkan kebijakan atau keputusan seperti halnya keterangan pada surat yang beredar.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI: FABRICATED CONTENT/KONTEN PALSU

===

SUMBER: TANGKAPAN LAYAR KERTAS SURAT

===

NARASI:

KEMENTERIAN PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI REPUBLIK INDONESIA

Bersamaan ini disampaikan perihal Keputusan Menteri Pendayagunaan dan Reformasi Birokrasi B/304/M.SM.02.05/2020, tentang Hasil Tes Pemeriksaan CALON Taruan/Taruni/

===

PENJELASAN: Beredar tangkapan layar kertas surat berisi informasi terkait penerimaan Calon Taruna/Taruni Sekolah Kedinasan Politeknik Ilmu Permasyarakatan (Poltekip) dan Politeknik Imigrasi (Poltekim) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI. Guna menanggapi informasi yang sudah tersebar di masyarakat, pihak Kementerian PANRB pun akhirnya angkat bicara.

Melansir dari liputan6.com, Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRB Andi Rahadian menegaskan pihaknya tidak pernah mengeluarkan surat penetapan seperti halnya yang beredar.

“Kami tegaskan surat tersebut adalah palsu atau hoaks. Menteri PANRB tidak pernah mengeluarkan surat tersebut,” jelas Andi.

Klarifikasi serupa juga disampaikan melalui media sosial Instagram resmi @kemenpanrb sebagai berikut:

Sahabat Muda, informasi terkait penerimaan Calon Taruna/Taruni Sekolah Kedinasan Politeknik Ilmu Permasyarakatan (Poltekip) dan Politeknik Imigrasi (Poltekim) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, seperti yang tertera pada gambar di atas adalah TIDAK BENAR/HOAKS.
__
Kementerian PANRB tidak pernah mengeluarkan kebijakan/keputusan tersebut.
__
Selalu berhati-hati dan jangan mudah percaya jika ada informasi/surat yang meragukan. Admin berharap Sahabat Muda selalu waspada dan memastikan kebenarannya kepada kami. Terima kasih.

===

REFERENSI:

https://www.instagram.com/p/CE5dI1THjCj/ https://www.liputan6.com/bisnis/read/4351572/surat-penerimaan-calon-taruna-poltekip-dan-poltekim-dipastikan-hoaks