[SALAH] Pesan Singkat Pembagian Hadiah Rp175 juta dari Shopee

Informasi palsu. Pihak Shopee menyatakan bahwa informasi tersebut tidak benar alias hoaks. Masyarakat diimbau waspada, dikarenakan adanya dugaan modus penipuan pada link yang dicantumkan oleh si pembuat pesan.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI: FABRICATED CONTENT/KONTEN PALSU

===

SUMBER: PESAN BERANTAI WHATSAPP

===

NARASI:

PESAN RESMI

No.Anda M-dapatkan

Hadiah ke-2

Rp.175jt

Dri PT.SHOPEE

PIN:25FA777

INFO KLIK

Bit.ly/ptshopeeid745

===

PENJELASAN: Beredar sebuah pesan singkat mengatasnamakan Shopee terkait dengan pembagian hadiah senilai Rp175 juta. Dalam narasi yang beredar, bagi penerima pesan diminta untuk mengklik link yang disematkan pada pesan. Link tersebut diketahui berisi persyaratan yang harus dipenuhi oleh para calon penerima hadiah, yakni dengan membayarkan sejumlah uang terlebih dahulu.

Menanggapi informasi yang diketahui tidak sesuai dengan fakta, pihak Shopee akhirnya angkat bicara. Melansir dari kompas.com, Public Relations Lead Shopee Indonesia Aditya Maulana menegaskan jika pesan pembagian hadiah tersebut adalah palsu alias hoaks.

“Info resmi dari Shopee selalu diumumkan melalui aplikasi Shopee,” tegasnya.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa selain melalui aplikasi Shopee, pengumuman resmi juga dilakukan melalui situs e-commerce Shopee, media sosial resmi Shopee seperti halnya Instagram, Twitter, dan Facebook.

===

REFERENSI:

https://www.kompas.com/tren/read/2020/09/09/172523865/hoaks-pesan-singkat-hadiah-rp-175-juta-dari-shopee?page=all
https://headtopics.com/id/hoaks-pesan-singkat-hadiah-rp-175-juta-dari-shopee-15528886