[SALAH] “Inilah salah satu Guru Besar KAMPRET_KADRUN.. Keren Mantap”

Foto Pemerhati Politik, Rocky Gerung dengan narasi “Inilah salah satu Guru Besar KAMPRET_KADRUN.. Keren Mantap” adalah hasil suntingan atau editan. Aslinya, foto tersebut adalah foto Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Adel al Jubeir.

=====

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi

=====

SUMBER: Facebook ( https://archive.fo/s9Mmo )

=====

NARASI:

“Inilah salah satu Guru Besar KAMPRET_KADRUN.. Keren Mantap,” unggah akun Facebook Eric Sentana dengan menyematkan foto Pemerhati Politik, Rocky Gerung pada Selasa (8/9).

=====

PENJELASAN:

Akun Facebook Eric Sentana mengunggah foto Pemerhati Politik, Rocky Gerung yang di dalam foto tersebut terdapat tulisan, “Al Mukarom Al Ustad ..Muhamek Rocky Garing.”

Selain itu, pada postingan tersebut ditambahkan juga narasi yang berbunyi “Inilah salah satu Guru Besar KAMPRET_KADRUN.. Keren Mantap.”

Setelah menelusuri melalui mesin pencari, faktanya unggahan foto yang diunggah akun Facebook Eric Santana adalah hasil suntingan atau editan. Ditambah lagi narasinya pun keliru atau salah.

Diketahui foto asli dari unggahan tersebut adalah Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Adel al Jubeir. Foto Menteri Adel tersebut dapat dilihat pada pemberitaan dari media daring.

Seperti, pada reuters.com dengan judul artikel “Saudi Arabia accuses Iran of making threats to neighbors” yang ditayangkan pada 28 Juli 2015. Sementara foto Menteri Adel yang dijadikan sampul pada artikel ini, diberikan keterangan “Saudi Foreign Minister Adel Al-Jubeir speaks during a joint news conference with his Jordanian counterpart Nasser Judeh at the Ministry of Foreign Affairs in Amman, Jordan, July 9, 2015. REUTERS/Majed Jaber.”

Pada media nasional sendiri, okezone.com juga menggunakan foto Menteri Adel itu pada artikel bertajuk “Arab Saudi Siapkan Aksi Tambahan untuk Iran” yang ditayangkan pada 10 Januari 2016.

Dengan begitu, unggahan akun Facebook Eric Santana yang mengubah wajah Menteri Adel menjadi wajah Pemerhati Politik, Rocky Gerung, menurut kategori Misinformasi dan Disinformasi dari First Draft dapat disebut sebagai konten yang dimanipulasi dengan definisi ketika informasi atau gambar yang asli dimanipulasi untuk menipu.

=====

REFERENSI:

1. https://archive.fo/s9Mmo
2.https://www.reuters.com/article/us-saudi-iran/saudi-arabia-accuses-iran-of-making-threats-to-neighbors-idUSKCN0Q123120150727
3.https://news.okezone.com/read/2016/01/10/18/1284549/arab-saudi-siapkan-aksi-tambahan-untuk-iran