[SALAH] “Promosi komprehensif Tokopedia Dapatkan Data Intrnet 100GB tanpa Isi Ulang”

Tokopedia menyatakan promo berisi tautan tokopedla[dot]vip tersebut merupakan upaya phising (penipuan) dari pihak yang tak bertanggungjawab. Selain itu, situs resmi Tokopedia adalah tokopedia.com.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten Palsu
============================================

Beredar pesan berantai sebagai berikut;

“Promosi komprehensif Tokopedia
Dapatkan Data Intrnet 100GB tanpa Isi Ulang
Agar pengguna memiliki pengalaman jaringan yang lebih baik tokopedia, 100GB Data Intrnet dikirim ke semua orang untuk ini
Menerima instruksi:
1. Setiap nomor telepon dapat diambil satu kali
2. Acara ini tidak membutuhkan biaya apapun
Rencana kegiatan nyata dan efektif, Tenggat:2020-10-7
Klik di bawah ini untuk Mendapatkan Gratis 100GB Data 60 hari untuk semua Operator
Dapatkan sekarang DI SINI
https://tokopedla[dot]vip”

Sumber : Whatsapp

============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Cek Fakta Medcom, klaim adanya Tokopedia menggelar promosi komprehensif terkait data internet 100 GB tanpa isi ulang adalah klaim yang salah.

Faktanya, Tokopedia menyatakan promo berisi tautan tokopedla[dot]vip tersebut merupakan upaya phising (penipuan) dari pihak yang tak bertanggungjawab. Selain itu, situs resmi Tokopedia adalah tokopedia.com.

Dilansir dari Medcom.id, “Tokopedia tidak pernah mendukung praktik tidak bertanggung jawab seperti ini. Saat ini, kami sudah menindaklanjuti laporan tersebut sesuai prosedur,” kataExternal Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya kepada Medcom.id, Senin 7 September 2020.

Ekhel menegaskan pihaknya terus proaktif melakukan pengawasan terhadap para pihak yang memanfaatkan platform Tokopedia untuk melakukan segala bentuk tindakan yang melawan hukum. Pihak Tokopedia akan memberikan tindakan tegas kepada pihak tersebut. Tokopedia terus mengimbau masyarakat untuk turut menjaga keamanan dan kerahasiaan akun Tokopedianya demi keamanan dan kenyamanan bersama.

“Kami terus mengedukasi masyarakat untuk berhati-hati dalam mengakses situs tidak resmi, menanggapi pesan, serta membuka lampiran yang dikirim pihak yang mengatasnamakan Tokopedia. Tokopedia hanya memiliki satu situs resmi, yakni https://www.tokopedia.com,” pungkas Ekhel.

REFERENSI
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/VNnXYg7k-tokopedia-gelar-promosi-data-internet-100-gb-tanpa-isi-ulang-ini-faktanya
https://www.tokopedia.com/

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo