[SALAH] SK Rekomendasi PDIP untuk Pemilihan Wali Kota Surabaya

Hasil periksa fakta Sandiori Umbu Ngedo (Universitas 17 Agustus 1945)

Informasi dalam surat elektronik tersebut palsu. Faktanya, Ketua Pemenangan PDIP Bambang Wuryanto mengklarifikasi jika pihaknya belum melakukan pengumuman dan menyatakan surat tersebut tidak benar alias hoaks.

=======

[KATEGORI]: FABRICATED CONTENT / KONTEN PALSU

======

[SUMBER]: Surat Elektronik

=====

[NARASI]:

“Yang bertandangan di bawah ini ketua partai, Pimpinan Partai Politik Tingkat Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Berdasarkan usulan Pimpinan Partai Politik Jawa Timur memberikan persetujuan pasangan Calon Wali Kota dan Calon Wakil Wali Kota Surabaya.

Nama Calon Wali Kota: Puti Guntur Soekarno

Nama Calon Wakil Wali Kota: Lilik Arijanto S.T, M.T

Sebagai Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kota Surabaya.

Demikian keputusan ini dibuat dengan sebenarnya untuk digunakan sebagaimana mestinya”.


=======

[PENJELASAN]

Beredar salinan surat keputusan SK rekomendasi Calon Wali Kota Surabaya PDIP dalam pemilihan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya. Dalam SK tersebut PDIP merekomendasikan Puti Guntur Soekarno selaku Wali Kota dan Lilik Arijanto sebagai Wakilnya. Dan foto SK yang beredar di kalangan awak media itu lengkap dengan tanda tangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Sekretaris Jenderal Hasto Kristiyanto.

Ketua Bidang Pemenangan Pemilu PDIP, Bambang Wuryanto menegaskan bahwa PDIP yang diketuai oleh Megawati Soekarnoputri belum mengumumkan nama pasangan Calon yang bakal diusung dalam Pemilihan Wali Kota Surabaya dan foto SK tersebut. “Hoaks” ujar Bambang.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto juga menyatakan bahwa pastinya yang bakal maju dalam pemilihan Wali Kota Surabaya adalah kader dari internal partai atau non kader.

Berdasarkan penelusuran melaui media daring tentang surat edaran SK rekomendasi menunjukan bahwa Puti Guntur Soekarno dan Lilik Arijanto menjadi Wali Kota dan Wakil tersebut adalah salah dan dapat dikategorikan palsu karena ketua PDIP belum mengumumkan nama kader yang bakal maju dalam pemilihan Wali Kota Surabaya.

=====

[REFERENSI]

https://fajar.co.id/2020/09/01/beredar-sk-rekom-pdip-untuk-pilwali-kota-surabaya/

https://m.cnnindonesia.com/nasional/20200902141839-32-541965/pdip-resmi-usung-eri-cahyadi-armudji-di-pilwalkot-surabaya

https://tirto.id/pilwali-surabaya-eri-cahyadi-kubu-birokrat-risma-memikat-megawati-f22V