[SALAH] Santunan Dana BP2MI Untuk TKW/TKI dari UEA Senilai AED30 Ribu

Informasi tersebut palsu. Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) menyatakan narasi terkait pemberian dana santunan adalah hoaks. Masyarakat diminta waspada, dikarenakan adanya indikasi modus penipuan dari pesan yang beredar.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI: FABRICATED CONTENT/KONTEN PALSU

===

SUMBER: PESAN BERANTAI WHATSAPP

===

NARASI:

Assalamualaikum

Mohon Maaf Menggangu Aktifitas bpk/ibu.

Selamat AAnda TKW/TKI Dari Emirat Yang Terpilih Mendapatkan Dana Santunan AED.30.000 Ribu Dirham Dari Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI)

Dalam Ranka Program BPJS Jaminan Kesehatan dan Kedisiplinan Dalam Bekerja Tahun 2019/2020.

Untuk Pengambilan Dana Santunan Silahkan Ibu Hubungi/Inbox Nomor Nomor Whatsapp:

+62823-5154-6633

DRS.EKO WIJAYA,Msi

Ketua umu kantor (BP2MI)

===

PENJELASAN: Melalui pesan berantai Whatsapp, beredar informasi seputar Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) yang akan memberi dana santunan kepada TKW/TKI dari Uni Emirat Arab sebesar AED (dirham Uni Emirat Arab)30 ribu. Menurut narasi yang beredar, hal itu dilakukan BP2MI dalam rangka program BPJS Jaminan Kesehatan dan Kedisiplinan Dalam Bekerja Tahun 2019/2020.

Namun pasca dilakukan penelusuran lebih lanjut, diketahui bahwa informasi pemberian dana santunan adalah palsu alias hoaks. Melalui media sosial resmi Instagram @bp2mi_ri, dinyatakan pihak BP2MI tidak mengeluarkan atau mengedarkan pesan seperti halnya yang beredar. Diimbau kepada masyarakat untuk senantiasa waspada dikarenakan pesan tersebut mempunyai indikasi modus penipuan.

Berikut klarifikasi oleh @bp2mi_denpasar:

Selamat siang, #sobatmigran
Belakangan ini sedang marak penipuan di media sosial yg mengatasnamakan #bp2mi serta jajarannya. Dimohon untuk tidak mudah percaya dan tetap waspada karena BP2MI tidak pernah membagikan dana santunan seperti yang dinyatakan di pesan #hoax yang beredar.
Sekedar info dari admin, BP2MI dipimpin oleh seorang kepala badan (Bapak Benny Rhamdani), bukan ketua umum kantor. 😅 Jika Sobat Migran memperoleh pesan mencurigakan yang mengatasnamakan BP2MI ataupun UPT BP2MI Denpasar, bisa melapor atau meminta konfirmasi melalui hotline kami di +62816-886-604 😊🙏

===

REFERENSI: