[SALAH] “Habib Rizieq Shihab bersumpah tidak akan masuk ke Indonesia seumur hidup”

Tidak ada informasi valid mengenai hal tersebut. Justru, baru-baru ini Habib Rizieq secara tersirat kembali menginginkan pulang ke Indonesia. Namun Rizieq mengklaim dirinya tidak bisa pulang karena dicekal Pemerintah Arab Saudi atas permintaan Pemerintah Indonesia.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten yang Menyesatkan
============================================

Akun Tokoh Nasional Indonesia (fb.com/DiahPitalokaSurianegaraCitraRashmi) mengunggah sebuah gambar dengan narasi :

“BENAR NGGAK SIH UCAPAN HABIBANA YANG MULIA RIZIEQ INI?”

Di gambar tersebut, terdapat foto Habib Rizieq Shiha dan narasi “”INGAT …! SAYA BERSUMPAH..! TDK AKAN MASUK KE INDONESIA SEUMUR HIDUP SAYA ..!”

Sumber : https://archive.today/5b6g6 (Arsip)

============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Cek Fakta Medcom, klaim bahwa Habib Rizieq Shihab bersumpah tidak akan masuk ke Indonesia seumur hidup adalah klaim yang salah.

Faktanya, tidak ada informasi valid mengenai hal tersebut. Justru, baru-baru ini Habib Rizieq secara tersirat kembali menginginkan pulang ke Indonesia. Namun Rizieq mengklaim dirinya tidak bisa pulang karena dicekal Pemerintah Arab Saudi atas permintaan Pemerintah Indonesia.

Dilansir Suara.com, Rizieq menegaskan dirinya tidak takut pulang ke Indonesia. Akan tetapi, klaim Rizieq, ketakutan ada di pihak rezim. “Jadi bukan saya yang takut pulang, tapi rezim Jokowi yang takut saya pulang. Kira-kira jelas enggak? Takbir!!!” tulis Suara.com dalam laporannya, Selasa 1 September 2020.

Sementara itu, pihak Istana mengklaim tidak pernah menghalangi kepulangan Rizieq ke Indonesia. Rizieq diminta berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Indonesia di Arab Saudi, jika ingin pulang.

“Saya tidak tahu secara teknis tentang negosiasi. Kalau menurut saya sih apa yang dinegosiasikan? Tidak ada yang bermasalah sebenarnya. Pak Rizieq mau pulang, pulang aja, kan begitu,” tulis Medcom.id dalam laporannya, Selasa 26 November 2019 lalu.

REFERENSI
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/yNLGm3aK-habib-rizieq-bersumpah-tak-akan-kembali-ke-indonesia-ini-faktanya
https://jakarta.suara.com/read/2020/09/01/132006/4-keyakinan-habib-rizieq-shihab-indonesia-minta-dia-dicekal-arab-saudi
https://www.medcom.id/nasional/politik/4KZ6Lw6K-moeldoko-minta-rizieq-hubungi-kedubes-indonesia

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo