[SALAH] Akun Facebook Wakil Bupati Bogor Dengan Foto Profil Menggunakan Kemeja Putih dan Berpeci Hitam

Akun Facebook dengan alamat tautan (facebook.com/iwan.setiawab.180) bukan akun Facebook Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan.

=====

Kategori: Imposter Content/Konten Tiruan

=====

Sumber: Facebook

https://perma.cc/RCP5-NHCZ

=====

Narasi:

Narasi pada profil:

“Bekerja dengan jujur, agar bisa menjaga amanah yang masyarakat percayakan”

=====

Penjelasan:

Beredar akun Facebook mengatasnamakan Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan dengan alamat tautan (facebook.com/iwan.setiawab.180). Pada akun tersebut terdapat foto Iwan mengenakan kemeja putih dan peci berwarna hitam.

Berdasarkan hasil penelusuran, diketahui bahwa akun tersebut bukan milik Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan. Dilansir dari republika.co.id dan antaranews.com, diketahui bahwa akun tersebut sempat mengirimkan pesan privat menawarkan bantuan di Pilkades.

Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan sudah memberikan klarifikasinya atas akun tersebut. Hari ini saya dapat laporan kalau ada akun Facebook yang menamakan Wabup Bogor. Saya pastikan itu akun palsu karena saya tidak pernah menghubungi orang lewat Facebook,” kata dia, di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (1/9).

Ia mengaku baru mengetahui hal tersebut dari laporan sejumlah orang. Ia menegaskan tak pernah menghubungi orang lewat pesan pribadi di Facebook Messenger.

Ia mengaku akan terus memantau akun itu dan berencana melapor ke polisi karena khawatir akun itu digunakan menipu.

“Mungkin kita akan lapor, sedang dipelajari dulu. Karena khawatir dia sedang mencari korban, jadi ada yang memanfaatkannya untuk menipu dengan mengatasnamakan saya,” tuturnya.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka konten tersebut masuk ke dalam kategori Imposter Content atau Konten Tiruan.

=====

Referensi:

https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/1276454549353744

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4345528/cek-fakta-tidak-benar-wabup-bogor-iwan-setiawan-punya-akun-facebook-ini?medium=Headline&campaign=Headline_click_1

https://republika.co.id/berita/qfzjql335/akun-emfacebook-empalsu-wabup-bogor-tawarkan-bantuan-pilkades

https://www.antaranews.com/berita/1701250/akun-palsu-facebook-wabup-bogor-modus-tawarkan-bantuan-di-pilkades