[SALAH] Foto “Yoshitha Rajapaksa membangun hotel di Deniyaya”

Bukan di Deniyaya, Sri Langka. Foto asli adalah Nandini Jungle Resort and Spa yang berlokasi di Bali, Indonesia. Yoshitha Rajapaksa, putra Perdana Menteri Sri Langka juga membantah memiliki hotel di situs warisan dunia UNESCO itu dalam sebuah pernyataan pada di akun Twitternya.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten yang Salah
============================================

Akun Tharindu Bimsara (fb.com/tharindu.bimsara) mengunggah sebuah gambar dengan narasi sebagai berikut:

“කාල්ටන් දෙනියාය
වැඩ කරන අපේ විරුවා දෙනියායේ හොටෙල් හැදුවා” atau yang jika diterjemahkan: “Carlton Deniyaya
Pahlawan kerja kami membangun hotel di Deniyaya”

Di gambar tersebut, terdapat narasi dalam bahasa Sinhala yang jika diterjemahkan : “Hotel terbaru yang dibangun oleh Yoshitha di Deniyaya. Sekarang apakah Anda mengerti mengapa mereka menebang Sinharaja untuk membangun jalan itu? “

Sumber : https://archive.md/Z6qaB (Arsip)

============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim putra Perdana Menteri Sri Langka, Yoshitha Rajapaksa membangun sebuah hotel di situs warisan dunia UNESCO di Deniyaya, Sri Langka adalah klaim yang salah.

Faktanya, Bukan di Deniyaya, Sri Langka. Foto asli adalah Nandini Jungle Resort and Spa yang berlokasi di Bali, Indonesia. Yoshitha Rajapaksa, putra Perdana Menteri Sri Langka juga membantah memiliki hotel di situs warisan dunia UNESCO itu dalam sebuah pernyataan di akun Twitternya.

Dikutip dari AFP, dalam pernyataan yang dirilis di Twitter pada 24 Agustus 2020, Yoshitha membantah tuduhan tersebut, menambahkan bahwa dia sedang menempuh tindakan hukum terhadap individu yang membuat klaim tersebut.

Pencarian kata kunci di Google juga tidak menemukan laporan yang dapat dipercaya bahwa Yoshitha telah membangun hotel di situs UNESCO. Pencarian gambar terbalik di Google menemukan gambar di posting menyesatkan yang diterbitkan di situs Nandini Jungle Resort and Spa di Bali, Indonesia.

Deniyaya adalah kota kecil yang terletak di selatan Sri Lanka. Terletak di Distrik Matara di Provinsi Selatan. Dikelilingi oleh hutan hujan Sinharaja, dan iklimnya relatif sejuk. Sumber pendapatan utama adalah bertanam teh, namun orang juga bertanam sayur. Desa ini juga memiliki banyak candi bersejarah seperti Gatabaruwa Devalaya.

REFERENSI
https://factcheck.afp.com/photo-shows-hotel-resort-bali-indonesia
https://twitter.com/YoshithaR/status/1297785901079072768
https://www.nandinibali.com/
https://en.wikipedia.org/wiki/Deniyaya

About Adi Syafitrah 971 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo