[SALAH] “menurut ramalan kartun The Simpsons Presiden Amerika Donald Trump akan meninggal pada 27 Agustus 2020”

Film kartun The Simpsons tidak pernah memprediksi kematian Donald Trump pada 27 Agustus 2020. Prediksi kematian Donald Trump berawal dari gambar Trump yang tengah terbaring di atas peti mati yang beredar di media sosial yang ternyata telah dimanipulasi.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten yang Menyesatkan
============================================

Akun Instagram Fakta dan Rumor Dunia (instagram.com/faktarumor) mengunggah sebuah gambar kartun The Simpsons dengan karakter Presiden Donald Trump yang tengah melambaikan tangan. Dalam gambar tersebut terdapat narasi sebagai berikut:

“Hari ini adalah hari bersejarah, menurut ramalan kartun The Simpsons Presiden Amerika Donald Trump akan meninggal pada hari ini tepatnya 27 Agustus 2020.”

Sumber : https://archive.md/a7mzd (Arsip)

============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Cek Fakta Liputan6, klaim bahwa film kartun The Simpsons meramal bahwa Presiden Amerika Donald Trump akan meninggal pada 27 Agustus 2020 adalah klaim yang salah.

Faktanya, film kartun The Simpsons tidak pernah memprediksi kematian Donald Trump pada 27 Agustus 2020. Prediksi kematian Donald Trump berawal dari gambar Trump yang tengah terbaring di atas peti mati yang beredar di media sosial yang ternyata telah dimanipulasi.

Dilansir dari Liputan6.com yang melakukan penelusuran dengan menggunakan situs pencari Google Search dengan memasukkan kata kunci “The Simpsons donald predict trump death”, hasilnya terdapat beberapa artikel yang membantah kabar tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul “The Simpsons has not predicted Donald Trump’s death despite viral Twitter claims” yang dimuat situs metro.co.uk pada 27 Agustus 2020.

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa kabar tentang The Simpsons memprediksi kematian Donald Trump berawal dari gambar yang beredar di media sosial. Adalah gambar kartun karakter Donald Trump yang tengah terbaring di atas peti mati. Namun gambar tersebut telah dimanipulasi. Meski terbukti palsu, banyak pengguna media online yang tampaknya masih ingin mempercayai teori konspirasi tersebut.

Situs distractify.com juga menjelaskan bahwa kabar The Simpsons meramalkan kematian Donald Trump adalah tidak benar. Berdasarkan artikel berjudul “Fact Check: ‘The Simpsons’ Never Killed off Donald Trump”, disebutkan bahwa The Simpsons tidak memprediksi kematian Trump.

Gambar yang diedarkan itu palsu. Meskipun watermark bertuliskan nama The Huffington Post, gambar Trump di peti mati tidak berasal dari pengumpul berita. Menurut video dari saluran YouTube Meksiko populer “Badabun,” gambar yang tampak asli pertama kali muncul di utas di situs kontroversial 4chan. Penciptanya tidak diketahui.

REFERENSI
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4341864/cek-fakta-tidak-benar-kartun-the-simpsons-ramal-kematian-donald-trump-pada-27-agustus-2020
https://metro.co.uk/2020/08/27/simpsons-has-not-predicted-donald-trumps-death-despite-viral-twitter-claims-13189201/
https://www.distractify.com/p/when-does-trump-die-in-the-simpsons

About Adi Syafitrah 971 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo