[SALAH] Devils Tower di Wyoming Amerika Serikat Adalah Pohon Purba

Devils Tower merupakan formasi bebatuan, bukan pohon purba. Gambar akar yang disertakan dalam postingan merupakan gambar perakaran jagung manis berusia 8 minggu.

=====

Kategori: False Connection/Koneksi yang Salah

=====

Sumber: Facebook

https://archive.fo/7jxBz

=====

Narasi:

“👆👆👆👆👽

Saw this story a few days back. Waiting on science to give us a probable answer .

***New Discovery Will Change History***

A huge and startling discovery has been made at the Devils Tower in Wyoming. Scientists from the Wyoming State Parks Department were conducting photographic seismic readings below the tower, when they discovered an incredibly large petrified root system below the tower. The parks department released a statement saying, “We have discovered, what looks like a giant root system stemming from the base of The Devils Tower. The root system has been measured at 4 miles deep by 7 miles wide. We are currently conducting studies and tests to confirm that this is actually a root system and not a coincidence.” This discovery is on the edge of rewriting history and science as we know it.

We will continue to update you with any new information, as at this time information is very limited.”

=====

Penjelasan:

Akun Facebook ALIEN Strand membagikan dua gambar dengan narasi yang menyebutkan Devils Tower yang ada di Wyoming, Amerika Serikat merupakan sebuah pohon purba. Postingan itu sudah dibagikan sebanyak 74 kali dan mendapat respon 146 buah.

Berdasarkan hasil penelusuran, dilansir dari liputan6.com, klaim tersebut keliru. Nicholos Myers, Supervisory Park Ranger untuk Devils Tower National Monument memastikan bahwa Devils Tower bukanlah pohon purba raksasa.

“Tidak ada bukti yang mendukung teori seperti itu. Devils Tower dikatakan pohon raksasa atau ada akar pohon yang membatu di bawahnya,” katanya.

Myers menyebut Devils Demon terdiri dari batuan beku langka yang disebut porfiri fenolit. Bahkan hingga saat ini, Myers melanjutkan, para ahli geologi belum mengetahui bagaimana batuan beku langka itu bisa terbentuk.

Adapun, gambar akar yang dibagikan akun tersebut merupakan gambar perakaran jagung manis berusia 8 minggu. Hal itu diketahui dari artikel berjudul Sweet Corn yang dipublikasikan di soilandhealth.org.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka dua foto yang disertakan dalam postingan tersebut tidak terkait satu dengan lainnya. Oleh sebab itu, konten tersebut masuk ke dalam kategori False Connection atau Koneksi yang Salah.

=====

Referensi:

https://web.facebook.com/ufomedia67/posts/1183490842010236

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4338951/cek-fakta-tidak-benar-devils-tower-adalah-pohon-purba-raksasa

https://www.nps.gov/deto/learn/news/nick-myers-hired.htm

https://soilandhealth.org/wp-content/uploads/01aglibrary/010137veg.roots/010137ch2.html

https://www.guideku.com/travel/2018/09/17/150000/devils-tower-formasi-bebatuan-unik-area-sakral-suku-indian