[SALAH] Pernyataan Maruarar Sebut Orang yang Tak Pilih Jokowi Bodoh dan Gila

Hasil Periksa Fakta Rizky Abdul Aziz (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia).

Gambar suntingan atau editan. Berita asli berjudul ‘Tak mempan diserang sana-sini, Maruarar: Kekuatan Jokowi itu rakyat’, tidak terdapat pernyataan Maruarar Sirait yang menyebut orang bodoh dan gila.

= = = = =

KATEGORI: KONTEN YANG DIMANIPULASI

= = = = =

SUMBER: FACEBOOK

http://archive.vn/6htph

= = = = =

NARASI:

“Tak mempan diserang sana-sini, Maruarar: Kekuatan Jokowi itu rakyat. Hanya Orang Bodoh Dan Gila, Yang Tak Mau Pak Jokowi, Jadi Presiden RI”

= = = = =

PENJELASAN:

Akun Facebook bernama Ferry Ansyah mengunggah status pada tanggal 23/8/2020 di grup ‘SAHABAT ADIAN NAPITUPULU’. Status tersebut berupa layar tangkap berita dengan narasi bertuliskan “Tak mempan diserang sana-sini, Maruarar: Kekuatan Jokowi itu rakyat. Hanya Orang Bodoh Dan Gila, Yang Tak Mau Pak Jokowi, Jadi Presiden RI”.

Setelah ditelusuri, artikel asli diunggah pada laman hops.id pada tanggal 22/8/2020 dengan judul asli “Tak mempan diserang sana-sini, Maruarar: Kekuatan Jokowi itu rakyat”. Dalam artikel tersebut dijelaskan mengenai respon dari Maruarar Sirait terkait deklarasi Koalisis Aksi Menyelamatkan Indonesia atau KAMI pada 17 Agustus lalu. Marurarar memastikan, kehadiran kelompok KAMI merupakan hal yang biasa di negara demokrasi.

Dilansir dari tribunnews.com Maruarar juga mengatakan bahwa dalam sistem negara yang demokratis, keseimbangan itu diperlukan. “Bagus-bagus saja untuk check and balances. Pemerintah kan perlu check and balances juga,” kata Maruarar Jumat (21/8/2020). Tidak ditemukan pernyataan Maruarar yang mengatakan pihak yang tidak menginginkan Jokowi sebagai orang bodoh dan gila. Dari penelusuran di atas, status tersebut masuk kategori Konten yang Dimanipulasi.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.hops.id/tak-mempan-diserang-sana-sini-maruarar-kekuatan-jokowi-itu-rakyat/

https://nasional.sindonews.com/read/140594/12/maruarar-sirait-kekuatan-jokowi-itu-rakyat-dan-bukan-elite-1598072895

https://www.tribunnews.com/nasional/2020/08/21/ditanya-soal-kami-maruarar-jawab-sah-sah-saja-untuk-check-and-balances