[SALAH] “Tegur dong satpam rumah sakit masang bendera terbalik”

Kejadian tahun 2015 dan petugas yang menaikkan bendera terbalik itupun telah dihukum oleh pihak RSCM, langsung saat ramai insiden pemasangan bendera terbalik menjadi perbincangan di dunia maya.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten yang Salah
============================================

Akun Al Gajhali (fb.com/sinyo.sinyo.33865854) mengunggah sebuah foto pada tanggal 17 Agustus 2020 dengan narasi:

“Tegur dong satpam rumah sakit masang bendera terbalik”

Foto memperlihatkan bendera merah putih yang dipasang terbalik di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Salemba, Jakarta Pusat.

Sumber : http://archive.md/HnVRi (Arsip)

============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim adanya satpam Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) yang memasang bendera merah putih terbalik pada 17 Agustus 2020 adalah klaim yang keliru.

Faktanya, foto itu adalah kejadian tahun 2015 dan petugas yang menaikkan bendera terbalik itupun telah dihukum oleh pihak RSCM, langsung saat ramai insiden pemasangan bendera terbalik menjadi perbincangan di dunia maya.

Saat ditanya oleh seorang petugas RSCM yang enggan disebutkan namanya, ternyata bendera terbalik itu disebabkan oleh petugas yang biasanya menaikan bendera yang berinisial AZ, mengantuk dan tak melihat posisi itu. Saat itu hanya AZ sendiri, padahal biasanya ia ditemani rekannya.

“Jadi pagi itu memang sudah dijadwalkan menaikkan bendera. Nah, AZ itu mengantuk karena berjaga dari malam. Mungkin karena tidak melihat, jadinya terbalik tanpa disadarinya. Kan biasanya berdua enggak sendiri,” ucap salah satu petugas RSCM yang tak mau disebutkan namanya itu kepada Liputan6.com, Selasa (24/11/2015) malam.

Atas perbuatan tersebut, AZ pun telah dihukum oleh pihak RSCM, langsung saat ramai insiden pemasangan bendera terbalik menjadi perbincangan di dunia maya.

“Iya gara-gara ramai. Terus dia dipanggil sama direksi. Akhirnya AZ pun dihukum. Yang saya dengar enggak sampai dikeluarkan kok,” jelas dia tanpa menjelaskan apa hukuman bagi AZ.

REFERENSI
https://www.liputan6.com/news/read/2374194/ini-alasan-kenapa-bendera-merah-putih-di-rscm-terbalik
https://nasional.republika.co.id/berita/nasional/jabodetabek-nasional/nyay2g330/bendera-merah-putih-di-rs-cipto-terpasang-terbalik-emkokem-bisa
https://www.tribunnews.com/metropolitan/2015/11/25/rscm-jelaskan-peristiwa-pengibaran-bendera-merah-putih-terbalik

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo