[SALAH] Foto Anak Suriah Tidur di Antara Makam Orang Tuanya

Hasil Periksa Fakta Rizky Abdul Aziz (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia).

Foto tersebut bukan di Suriah namun Arab Saudi. Anak tersebut adalah model dari sebuah foto, bukan karena kehilangan orang tuanya seperti yang disebutkan pada narasi.

= = = = =

KATEGORI: KONTEN YANG SALAH

= = = = =

SUMBER: FACEBOOK

http://archive.vn/T1z93

= = = = =

NARASI:

“Ini anak Suriah yg hilang ortu nya yg waktu perang !di kemana kan keadilan di dunia ini?

Melihat foto di bawah ini siapa ngak akan menetes kn air mata,dlm perang saudara ortu nya tewas dlm peperangan tinggali dia sendiri,setiap x bila mengingatkan ortu nya,dya akan pergi ke makam ortu a nya tidur di sisi ortu nya se akan2 ortu nya maseh hidup, betapa sedih nya merasakan kesendirian tanpa bantuan.:cry::cry::sob:”

= = = = =

PENJELASAN:

Akun Facebook bernama Siau Huang mengunggah status pada tanggal 20/6/2020 berupa layar tangkap sebuah foto anak yang sedang tertidur di antara kedua makam. Dalam narasinya, pemilik status menyebutkan makan tersebut adalah makam orang tuanya yang tewas dalam peperangan di Suriah.

Dari hasil penelusuran, diketahui foto tersebut pertamakali diunggah pada tahun 2014 oleh akun Instagram Abdul Aziz al Otaibi (@azezphoto). Foto aslinya memang ada, namun klaim yang dikatakan pada narasi tidak benar. Abdul Aziz al Otaibi adalah seorang fotografer asal Arab Saudi, begitupun tempat foto tersebut diambil. Dilansir dari merdeka.com, anak dalam foto adalah keponakan dari sang fotografer dan dijadikan model seperti yang dilihat dalam foto.

Sebelumnya foto tersebut sempat beredar juga dengan klaim yang sama, seperti pada tahun 2019 foto serupa dengan klaim yang tidak jauh berbeda telah di klarifikasi oleh kominfo.go.id sebagai konten disinformasi. Abdul Aziz al Otaibi selaku pemilik foto pun telah mengetahui fotonya telah salah ditafsirkan oleh orang-orang dan mengunggah beberapa foto dibelakang layar seperti dilansir dari periksafakta.afp.com.

Dari hasil penelusuran di atas, foto tersebut masuk kategori Konten yang Salah, karena terdapat beberapa perbedaan klaim antara narasi dengan foto aslinya.

= = = = =

REFERENSI:

https://kominfo.go.id/content/detail/17852/disinformasi-foto-anak-di-suriah-tidur-di-tengah-makam-kedua-orang-tuanya/0/laporan_isu_hoaks

https://periksafakta.afp.com/gambar-tersebut-adalah-hasil-setingan-dan-dibuat-seorang-siswa-fotografi-di-arab-saudi

https://www.merdeka.com/teknologi/foto-bocah-suriah-yang-tidur-di-pusara-kedua-orang-tuanya-hoax.html