[SALAH] PDIP Beri Surat Rekomendasi Untuk Fachrori-Safrial

Hasil Periksa Fakta Aisyah Adilah (Anggota Komisariat MAFINDO IISIP Jakarta).

Ketua DPP PDIP Provinsi Jambi, Edi Purwanto menegaskan surat tersebut tidak benar. Edi mengatakan bahwa belum ada surat rekomendasi dukungan yang dikeluarkan PDIP untuk pemilihan Gubernur Jambi.

= = = = =

[KATEGORI]: KONTEN YANG DIMANIPULASI

= = = = =

[SUMBER]: WHATSAPP

= = = = =

[NARASI]:

“Rekom PDIP Buat Jambi”

= = = = =

[PENJELASAN]:

Beredar sebuah foto surat rekomendasi PDIP untuk pasangan Fachrori-Safrial pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi. Dalam foto tersebut, terlihat kop surat dengan lambang PDIP yang berwarna merah muda dengan warna lebih tua pada gambar banteng. Dalam foto itu tertera tulisan “Rekomendasi diberikan kepada Dr. Drs. H. Fachrori Umar, MHum sebagai Calon Gubernur Jambi dan Dr. Ir. H. Safrial, M.Si sebagai Calon Wakil Gubernur Jambi periode 2020-2024 yang diusung PDI Perjuangan.”

Menanggapi hal itu, Ketua DPD PDIP Provinsi Jambi, Edi Purwanto menjawab bahwa itu tidak benar. Menurutnya itu adalah hoax. “Hoax itu,” sebutnya singkat.

Pada Jum’at (17/7) DPP PDIP mengeluarkan rekomendasi dukungan bagi pasangan calon di 54 daerah yang menggelar pilkada serentak tahun ini. Namun, ada lima kabupaten/ kota yang belum mendapatkan rekomendasi yaitu Tanjab Barat, Tanjab Timur, Batanghari, Bungo, dan Sungai Penuh.

Sementara itu, saat dikonfirmasi apakah Safrial sudah ada surat rekomendasi terkait dukungan PDIP ke dirinya, kata Safrial sampai saat ini dirinya belum menerima surat rekomendasi. “Sampai sekarang saya belum terima (surat rekomendasi),” pungkasnya.

Sehingga, foto surat rekomendasi PDIP terhadap pasangan Fachrori-Safrial pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi dipastikan merupakan hoax dengan kategori konten yang dimanipulasi.

= = = = =

[REFERENSI]:

https://jamberita.com/read/2020/08/04/5960895/screenshot-surat-rekomendasi-pdip-di-pilgub-jambi-beredar-edi-purwanto-pastikan-hoax/

https://www.kominfo.go.id/content/detail/28360/hoaks-tangkapan-layar-surat-rekomendasi-pdip-untuk-fachrori-safrial/0/laporan_isu_hoaks

https://metrojambi.com/read/2020/07/17/55116/rekomendasi-pdip-untuk-pilgub-jambi-dan-pilkada-5-kabupatenkota-tidak-keluar-hari-ini

https://jambi.tribunnews.com/2020/08/04/beredar-screenshot-rekomendasi-pdip-ke-fachrori-safrial-edi-purwanto-hoax-itu