[SALAH] Boneka Asli Annabelle Melarikan Diri Museum Warren

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia).

Narasi yang salah. Faktanya, boneka asli Annabelle tidak melarikan diri dan masih tersimpan di dalam lemari kaca Museum Warren.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konten yang Menyesatkan

====

Sumber: Twitter

https://archive.md/Zgzs9

=====

Narasi:

“the real annabelle doll just escaped from the warren’s museum.

that’s it, 2020 is over.”

“boneka annabelle asli baru saja melarikan diri dari museum warren.

Selesai, 2020 sudah berakhir.”

====

Penjelasan:

Akun Twitter Sara (@saraa_oz) mengunggah narasi beserta foto tangkapan layar yang informasikan bahwa boneka Annabelle telah melarikan diri dari Museum Warren pada 14 Agustus 2020. Unggahan tersebut telah mendapatkan respon sebanyak 4.716 retweet, 11.861 suka, dan 181 komentar.

Berdasarkan hasil penelusuran, informasi pada unggahan tersebut tidak benar. Tony Spera, menantu dari penyelidik paranormal terkenal Ed dan Lorraine Warren, mengonfirmasi bahwa boneka Annabelle masih berada di lemari  kaca di Museum Warren Occult di  Connecticut, Amerika Serikat melalui kanal resmi YouTube Ed dan Lorraine Warren pada 14 Agustus 2020.

“Saya di sini untuk memberi tahu Anda sesuatu, saya tidak tahu apakah Anda ingin mendengar ini atau tidak, tetapi Annabelle tidak melarikan diri. Annabelle masih hidup – ya, saya seharusnya tidak mengatakan hidup – Annabelle ada di sini, dalam semua kemuliaannya yang terkenal. Dia tidak pernah meninggalkan museum,” kata Spera dalam video selfie sambil secara memutar kameranya untuk menampilkan boneka itu yang berada di belakangnya.

Sebagai tambahan, Annabelle adalah boneka yang dipercayai berhantu yang berada di Museum Warren Occult, Connecticut, Amerika Serikat. Museum Warren Occult menyimpan beberapa artefak yang dikumpulkan oleh penyelidik paranormal Ed dan Lorraine Warren. Akan tetapi, museum tersebut ditutup pada tahun 2018. Dikutip dari Snopes, menantu keluarga Warrens, Tony Spera, sedang mencari rumah baru untuk museum.

Dengan demikian, unggahan akun Twitter Sara (@saraa_oz) dapat dikategorikan sebagai konten yang menyesatkan. Hal ini dikarenakan boneka Annabelle tidak melarikan diri dari Museum Warren.

====

Referensi:

https://id.wikipedia.org/wiki/Annabelle_(boneka)