[SALAH] Foto “Anies Baswedan Panen Padi Masih Hijau”

Foto editan / suntingan. Di foto aslinya, padi sudah menguning dan memang siap untuk dipanen. Panen raya padi yang dihadiri Anies Baswedan itu terjadi pada tahun 2018 dan berlokasi di Jl Inspeksi Timur, Kelurahan Cakung Timur, Cakung, Jakarta Timur.

Selengkapnya dibagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten yang Dimanipulasi
============================================

Akun Kardiman Bin Paijo (fb.com/cardiman.cardiman.184) mengunggah sebuah gambar dengan narasi sebagai berikut:

“Total Kadrun Idiot…!!!”

Gambar yang diunggah pada 9 Mei 2020 ini menampikan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang sedang memegang arit dan padi. Di gambar tersebut juga terdapat narasi “Seolah-olah Anies Panen Raya, Padahal DKI tidak ada Sawah, Pendukung Gubernur DKI nggak bisa jawab, nuduh Cebong yang Ngedit , Sama ketika Sarumpaet Oplas bilangnya Digebukin…!!” dan “PADI MASIH HIJAU UDAH DIPANEN? GOBLOKNYA OVERDOSIS”

Sumber : http://archive.md/74chI (Arsip)

============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim bahwa Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memanen padi yang amsih hijau adalah klaim yang salah.

Faktanya, foto itu adalah foto hasil editan atau suntingan. Di foto aslinya, padi sudah menguning dan memang siap untuk dipanen. Panen raya padi yang dihadiri Anies Baswedan itu terjadi pada tahun 2018 dan berlokasi di Jl Inspeksi Timur, Kelurahan Cakung Timur, Cakung, Jakarta Timur.

Foto asli, salah satunya dimuat di situs Berita Jakarta pada Selasa, 23 Januari 2018 di artikel berjudul “Gubernur Panen Raya Padi di Cakung”. Di artikel ini, dijelaskan bahwa turut mendampingi Anies, Wali Kota Jakarta Timur, Bambang Musyawardana; Kepala Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan, Darjamuni; Kepala Biro Perekonomian, Sri Haryati; serta Camat Cakung, Alamsyah.

Usai potong padi bersama petani setempat, Anies tampak dengan sigap ikut melakukan proses merontokkan bulir-bulir gabah.

“Alhamdulillah, padi yang ditanam bulan Oktober sudah bisa dipanen. Lahan pertanian ini luasnya sekitar tiga hektare,” kata Anies, Selasa (23/1/2018).

Selain melakukan panen padi, Anies juga melakukan peninjauan ke kebun buah naga. Bahkan, Anies juga mencicipi buah yang ditanam petani lokal tersebut.

Foto-foto lain Anies yang sedang memanen padi ditemukan di situs Tempo.co yang diabadikan fotografer Tempo Ilham Fikri. Dengan mengenakan caping dan memegang arit, Anies memotong batang padi yang telah menguning.

Dilansir dari Medcom.id, Anies memanen di area pertanian, Jalan Inspeksi Sisi Timur Banjir Kanal Timur (BKT), RW 008, Cakung Timur, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur.

REFERENSI
http://www.beritajakarta.id/read/54201/gubernur-panen-raya-padi-di-cakung#.XzflEOgzaHs
https://www.medcom.id/nasional/peristiwa/gNQympaN-anies-panen-padi-di-tengah-kota
https://foto.tempo.co/read/62618/gaya-anies-baswedan-saat-panen-padi-di-sawah-ibu-kota#foto-1
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/yNLG61yK-cek-fakta-foto-anies-memanen-padi-yang-masih-hijau-ini-faktanya

About Adi 1395 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo