[SALAH] Teknik untuk Selamat dari Kecelakaan Mobil

Hasil Periksa Fakta Natalia Kristian (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Indonesia).

Informasi yang diberikan kurang lengkap, teknik tersebut meskipun dapat mengurangi kemungkinan kematian akibat kecelakaan mobil tetapi tetap perlu memeriksakan diri kepada dokter dikarenakan efek benturan tersebut dapat menimbulkan luka dalam.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang menyesatkan / Misleading Content

= = = = =

SUMBER: Instagram

http://archive.vn/q3mkt

= = = = =

NARASI:

“Semoga ini bisa membantu

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

#roadtrip #travel #nature #trip #weekend #drive #instatravel #night #journey #road #tomorrow #roadtripday #instaroadtrip #instatrip #instadrive #instajourney #car #captionplus #street #speed #cars #ride #wheels #highway #freeway #gobikesindia #indonesia

#remaja #love #ifyk”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar postingan dari akun Instagram ifyouknow.id dengan foto berisikan narasi tentang teknik untuk menurunkan angka kematian ketika dalam keadaan tidak memungkinkan untuk menghindari tabrakan mobil. Postingan ini telah mendapat 946 likes.

Narasi tersebut juga mirip dengan sebuah artikel dari naijauto.com, disebutkan bila ada sebuah mobil mendekati dan tidak dapat dihindari maka dapat diminimalisir dengan cara melompat keatas kap mobil, teknik ini biasa dipakai oleh stunt film dan dijelaskan lebih lanjut bahwa mengenai kaca mobil lebih baik daripada terkena besi dan roda mobil, karena kaca mobil sekarang ini sudah shatterproof (anti pecah) sehingga tidak perlu khawatir dan diperkirakan dengan menggunakan teknik ini orang yang melakukannya hanya akan memantul kembali ataupun dia tetap diatas kendaraan tersebut.

Penelusuran tentang risiko teknik ini dijabarkan oleh video dari insideedition.com yang berjudul “How to Survive a Getting Hit by a Car, According to a Professional Stuntwoman”. Tanny Braid adalah seorang stuntwoman menjelaskan untuk melakukan teknik ini selain dengan melompat dan membiarkan mengenai sisi badan tetapi juga memastikan untuk melindungi bagian kepala, Dr. Armand Dorian sebagai dokter ruang darurat di County USC Medical Center in Los Angeles menegaskan jika pernah tertabrak oleh kendaraan bermotor maka harus melakukan pemeriksaan dengan dokter. Ia juga menjelaskan meskipun tidak merasakan rasa sakit apapun tetapi orang tersebut tidak tahu bahwa tabrakan tersebut bisa menimbulkan luka dalam.

Melihat dari penjelasan tersebut, klaim teknik agar dapat selamat dari kecelakaan mobil tanpa ada efek apapun adalah tidak benar dan termasuk dalam Konten yang menyesatkan / Misleading Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.insideedition.com/videos/14370-how-to-survive-a-getting-hit-by-a-car-according-to-a-professional-stuntwoman

https://naijauto.com/safe-driving/how-to-survive-a-car-accident-3620